Implementasi Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan

Anisah, Firly Nur (2023) Implementasi Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_cover_MPI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_Halaman Persetujuan_MPI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_Halaman Pengesahan_MPI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_abstrak_MPI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_daftar isi_MPI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_BAB I_MPI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_BAB III_MPI.pdf.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_BAB IV_MPI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_BAB V_MPI.pdf.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_Daftar Pustaka_MPI.pdf

Download (837kB)
[img] Text
Firly Nur Anisah_18381042051_surat-pernyataan_keaslian_karya_dan_persetujuan_publikasi_MPI.pdf

Download (49kB)

Abstract

Kata Kunci: Budaya Sekolah, Mutu Pendidikan Budaya sekolah adalah kualitas sekolah di kehidupan sekolah yang tumbuh dan berkembang berdasarkan spirit dan nilai-nilai tertentu yang diantu sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran budaya sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai norma dan kebiasaan yang ada dalam budaya yang diterapkan disekolah melalui budaya hidup sehat dan bersih agar tercipta sebuah suasana sekolah yang kondusif berwawasan lingkungan sesuai dengan visi sekolah dan mampu bersaing dengan sekolah lain dalam mutupendidikan Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana Implementasi Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Penggunaan penelitian dengan metode kualitatif dan jenis deskriptif adalah untuk mencocokkan antara realita yang ada dilapangan dengan teori yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi budaya sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Al-Abror setiap guru harus mencontohkan agar siswa itu berperilaku sesuai dengan apa yang diterapkan di suatu lembaga itu sendiri. Dan mampu menjadi penggerak bagi budaya yang tercipta disekolah. Kedua, faktor pendukungnya membantu para guru untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan terus memberikan semangat kerja dalam bentuk motivasi, dan memberikan suasana nyaman. Selain itu penggunaan sarana yang memadai sangat penting untuk berlangsungnya proses belajar mengajar dalam meningkatkan kualitas belajar baik siswa maupun guru. Ketiga, faktor penghambatnya kurangnya kesadaran siswa dalam membersihkan lingkungan sekolah termasuk dalam kelas juga kurangnya beberapa sarana danprasarana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:08
Last Modified: 23 Aug 2024 08:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6762

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item