Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan KemampuanBerbicara Siswa Kelas 4 di MI Tarbiyatul Ummah Sumber Kuning

Toriq, Faiqut (2024) Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan KemampuanBerbicara Siswa Kelas 4 di MI Tarbiyatul Ummah Sumber Kuning. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
18381051022_HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (37kB)
[img] Text
18381051022_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
18381051022_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI FAIQUT TORIQ.pdf

Download (8kB)
[img] Text
18381051022_DAFTAR ISI.pdf

Download (669kB)
[img] Text
18381051022_BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
18381051022_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
18381051022_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
18381051022_BAB IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
18381051022_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
18381051022_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
18381051022_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Gambar Seri, Kemampuan Berbicara Media gambar seri merupakan salah satu media visual yang mengandalkan penglihatan dan termasuk pada media visual diam. Penggunaan gambar seri dalam proses pembelajaran akan dapat menfokuskan perhatian siswa terhadap pembelajaran dan juga dapat mearik minat siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasan, seperti bercerita dengan menggunakan gagasan dan bahasanya sendiri. Hasil penelitian MIrnawati (2017) telah membuktikan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Tahap awal dalam pembelajaran menggunakan media gambar seri yaitu peneliti mempersiapkan RPP, menyiapkan media gambar seri dan membagikan media gambar seri kepada masing-masing siswa kemudian menjelaskan kegunaan media gambar seri keterkaitan dengan kemampuan berbicara. Setelah itu peneliti menjelaskan bagaimana cara bercerita mengunakan media tersebut dan kemudia meminta siswa maju kedepan untuk bercerita dengan menggunakan gambar yang sudah di berikan, dengan demikian dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui media gambar seri. Ada dua rumusan yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara kelas 4 di MI Tarbiyatul Ummah Sumber Kuning? (2) Bagaimana hasil penggunaan media gambar seri untuk meningkatkankemampuan berbicara siswa kelas 4 di MI Tarbiyatul Ummah Sumber Kuning? Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian tindakan kelas merupakan sebuah penelitian yang menggunakan tindakan-tindakan yang peran utamanya adalah guru yang mana dengan melihat situasi soasial yang terjadi. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Taggart, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penggunaan media gambar seri dapat digunakan dengan beberapa langkah, pertama guru menyiapkan media gambar seri, setelah itu guru menjelaskan kegunaan dari media gambar seri tersebut, siswa memperhatikan gambar seri yang telah disiapkan, selanjutnya siswa ditugaskan untuk menceritakan gambar tersebut didepan kelas dengan runtut sesuai gambar dengan menggunakan bahasanya sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa pada prasiklus adalah 61,16 dengan pesentase ketuntasan belajarnya adalah 8,3 %. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa adalah 75, dengan persentase ketuntasan belajarnya adalah 50%, artinya ada peningkatan dari prasiklus ke siklus I, akan tetapi pada siklus I masih belum mencapai target sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa adalah 87, dengan persentase ketuntasan belajarnya adalah 83%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:08
Last Modified: 23 Aug 2024 08:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6763

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item