Ibrahim, Ach. Daifi (2023) Penerapan Ice Breaking Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas III MI Nurul Islam Saobi Kangayan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_SAMPUL_PGMI.pdf Download (53kB) |
|
Text
Ach Daifi ibrahim_20160701050004_persetujuan_PGMI.pdf Download (359kB) |
|
Text
ach Daifi ibrahim_20160701050004_pengesahan.pdf Download (423kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (46kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (53kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_BAB I_PGMI.pdf Download (236kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_BAB IV_PGMI.pdf Download (416kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
ACH DAIFI IBRAHIM_20160701050004_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf Download (59kB) |
|
Text
Ach Daifi Ibrahim_20160701050004_keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (64kB) |
Abstract
Kata Kunci: Ice Breaking, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan Ice Breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas III MI Nurul Islam Saobi Kangayan Sumenep. Kedua, apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa di kelas III MI Nurul Islam Saobi kangayan Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan trianggulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Pertama, penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa di Kelas III MI Nurul Islam Saobi Kangayan Sumenep, peneliti mendapatkan temuan penelitian, diantaranya ialah: a). Penerapan ice breaking yel-yel sehingga peserta didik lebih senang dan suasana di kelas pun jadi lebih riang gembira dan siswa terlihat lebih semangat untuk mengikuti kegiatan proses pembelajaran Akidah. Penggunaan yel-yel memang sebagai selingan ketika suasana pembelajaran membosankan untuk meningkatkan kembali motivasi belajar siswa dan kesiapan siswa untuk menerima pembelajran lebih baik. b). Selain menggunakan ice breaking yel-yel, guru juga menggunakan ice breaking menggerakkan tubuh. Tujuan ice breaking menggerakkan tubuh ini, untuk menggerakkan tubuh setelah beberapa jam berdiam diri dalam aktivitas belajar. Dengan bergeraknya badan, maka aliran darah akan menjadi lancar kembali dengan demikian proses berpikir akan menjadi lebih segar dan kreatif. Kedua, kelebihan dan kekurangan penerapan teknik pembelajaran ice breaking terhadap motivasi belajar siswa di Kelas III MI Nurul Islam Saobi Kangayan Sumenep, diantaranya ialah: a). Kelebihan teknik ice breking ialah membawa dampak menyenangkan dalampembelajara dan membuat waktu panjang proses belajar mengajar terasa cepat. b). Kelemahan ice breaking ialah menghabiskan banyak waktu apabila guru tidak dapat mengatur waktu dengan baik dan membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk guru dalam menciptakan dan melaksanakan ice breaking didalam kegiatan proses pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas III MI Nurul Islam Saobi Kangayan Sumenep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:08 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6766 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |