Rahman, Ainur (2024) Penerapan Media Interaktif Roda Baca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ainur Rahman_19381051086_Sampul.pdf Download (494kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (274kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf Download (299kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_Abstrak_PGMI.pdf Download (374kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (630kB) |
|
Text
Ainur rahman_19381051086_BAB I_PGMI.pdf Download (566kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_BAB IV_PGMI.pdf Download (958kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (427kB) |
|
Text
Ainur Rahman_19381051086_Pernyataan keaslian_PGMI.pdf Download (365kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Interaktif Roda Baca, Bahasa Indonesia, Membaca Permulaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan media interaktif roda baca dan hasil dari penerapan media interaktif roda baca pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dengan jumlah 18 siswa. Pada penelitian ini, peneliti berkolaborasi atau bekerja sama dengan wali kelas I SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan untuk menentukan kriteria keberhasilan yang digunakan dalam pembelajaran membaca tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tanggal 2 s/d 7 Mei 2024, terdapat beberapa tahapan pada setiap siklusnya, yaitu : 1) perencanaan yaitu menyusun rancangan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. 2) pelaksanaan, mengembangkan modul ajar dengan menggunakan metode artikulasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik sesuai dengan perencanaan awal. 3) observasi, yaitu mengamati pelaksanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran. 4) refleksi, pengamatan dikumpulkan dan dianalisis agar dapat mengevaluasi diri tentang proses pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dari siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II diketahui penerapan media interaktif roda baca pada mata pelajaran bahasa Indonesia pertama, pra siklus, nilai peserta didik mencapai 1.155 dengan rata-rata 64,16 dan persentase 38,89%. Kedua, siklus I dengan nilai total 1.215 dengan rata-rata 67,5 dan persentase 55,56%. Ketiga, siklus II dengan nilai total 1.600 dengan rata-rata 88,89 dan persentase 83,33%. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media interaktif roda baca pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6771 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |