Maufidhoh, Imroatul (2024) Peran Guru dalam Menanamkan Perilaku Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Siswa Kelas IV di SDN Panempan II Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_Sampul_PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (43kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf Download (79kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_Abstrak_PGMI.pdf Download (184kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_BAB I_PGMI.pdf Download (596kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_BAB IV_PGMI.pdf Download (894kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
Imroatul Maufidhoh_20381052014_Daftar Rujukan_PGMI.pdf Download (189kB) |
|
Text
IMroatul Maufidhoh_20381052014_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (65kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru, Perilaku, P5 Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka di SDN Panempan II sukses terlaksana dilihat dari banyaknya perubahan positif pada siswa. Hal ini dilihat dari siswa yang menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, meningkatnya kreativitas siswa dengan pembuatan karya seni, serta perubahan perilaku menjadi menjadi lebih baik. Guru juga selalu mendampingi kegiatan siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana peran guru dalam menanamkan perilaku projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas IV di SDN Panempan II, kedua bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas IV di SDN Panempan II, ketiga bagaimana kendala guru dalam menanamkan perilaku projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas IV di SDN Panempan II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai yaitu kepala SDN Panempan II, Wali Kelas IV, Guru PJOK dan guru PAdB, serta beberapa siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui beberapa metode yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi, serta penggunaan referensi yang tepat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, peran guru dalam menanamkan perilaku projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas IV di SDN Panempan II yaitu guru sebagai suri teladan memberikan contoh nyata berupa perilaku baik kepada siswanya, guru sebagai pendamping/pembimbing selalu mendampingi setiap kegiatan agar dapat mengontrol perkembangan akademik, afektif dan psikomotorik siswa, serta guru sebagai motivator selalu memberikan motivasi untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Kedua, implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas IV di SDN Panempan II yaitu terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pengenalan, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, serta tahap refleksi dan evaluasi. Ketiga, beberapa kendala yang ditemui guru dalam menanamkan perilaku projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas IV di SDN Panempan II yaitu kurangnya kesiapan siswa mengikuti pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam belajar, serta kurangnya perhatian siswa terhadap nilai-nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6774 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |