Ulfiana, Ulfiana (2024) Penggunaan Media Word Square Pada Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di SDI Mambaul Ulum Batukarang Camplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ulfiana_20381052085_COVER_PGMI.pdf Download (98kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_Lembar persetujuan pembimbing_PGMI.pdf Download (149kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_Halaman pengesahan penguji_PGMI.pdf Download (159kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (33kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (91kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_BAB I_PGMI.pdf Download (407kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_BAB IV_PGMI.pdf Download (318kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (211kB) |
|
Text
Ulfiana_20381052085_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (163kB) |
Abstract
Kata kunci : Media Word Square, Keterampilan Membaca Keterampilan membaca siswa masih rendah dikarenakan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, hal ini menjadi penyebab siswa kurang antusias, tidak semangat dan tidak percaya diri dalam melakukan kegiatan membaca sehingga siswa bosan, lebih asik main dan berbicara dengan teman lainnya. Maka dari itu, pihak sekolah perlu mengadakan sosialisasi yang berupa arahan terkait pengembangan pembelajaran yang lebih efektif terutama dalam kegiatan membaca. Dengan menggunakan media Word Square dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini memfokuskan penelitian pada: 1) Bagaimana penggunaan media Word Square pada keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Mambaul Ulum Batukarang Camplong dan, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media Word Square pada keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Mambaul Ulum Batukarang Camplong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan Subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas IV SDI Mambaul Ulum Batukarang Camplong. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media Word Square pada keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Mambaul Ulum Batukarang bahwa sebelum memulai pembelajaran guru memberikan penjelasan, membentuk 3 kelompok, siswa mengarsir/mencoret kotak kata, dan guru memberikan reward diakhir kegiatan. Respon siswa sangat bagus setelah menggunakan media Word Square, seperti siswa aktif bertanya, siswa semakin lancar membaca, dan siswa mampu berpikir kritis, sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif dan efisien. Faktor pendukung dalam penggunaan media Word Square pada keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu tersedianya beberapa fasilitas seperti kertas karton, spidol, komputer dan printer, tingginya antusias dan semangat siswa, adanya program khusus membaca. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya fasilitas, membutuhkan waktu yang lama, dan siswa mengalami kesulitan dalam menemukan huruf-huruf pada kotak kata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:03 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6776 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |