Penerapan Teknologi Digital Dalam Proses Pembelajaran Di MA Nurul Islam Karang Cempaka Bluto Sumenep

Nisa’, Khairun (2024) Penerapan Teknologi Digital Dalam Proses Pembelajaran Di MA Nurul Islam Karang Cempaka Bluto Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381042024_SAMPUL.pdf

Download (107kB)
[img] Text
20381042024_Halaman Persetujuan.pdf

Download (212kB)
[img] Text
20381042024_Halaman Pengesahan.pdf

Download (344kB)
[img] Text
29381042024_ ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
20381042924_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
20381042024_ BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
20381042024_ BAB II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
20381042024_ BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
20381042024_ BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
20381042024_ BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
20381042024_ DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
20381042024_Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (320kB)

Abstract

Kata kunci : teknologi digital, proses pembelajaran. Teknologi dalam pendidikan merupakan proses untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia atau pendidikan. Media pembelajaran berbasis teknologi ini sangat menarik perhatian dan juga mampu menunjang kekreatifan dan keberhasilan di dalam dunia pendidikan karena teknologi digital ini dapat membantu, mendukung dan memudahkan siswa ataupun guru untuk mengakses informasi dan komunikasi dan juga meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian penelitian ini, yaitu : Pertama, bagaimanana penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran di MA Nurul Islam Karang Cempaka Bluto Sumenep. Kedua, apa faktor pendukung dan penghambat dari penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran yang ada di sekolah MA Nurul Islam Karang Cempaka Bluto Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informanya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran ini berupa proyektor, lab komputer dan Hp sehingga memudahkan guru menumbuhkan semangat siswa belajar. Yang terlibat dalam penerapan teknologi digital ini adalah guru dan siswa. Strategi dalam penerapan teknolgi digital itu sendiri dengan cara didokumentasikan lalu diupload di channel youtobe milik sekolah itu sendiri yaitu Maniska E-learning. Terdapat fasilitas sekolah sudah cukup memadai yaitu lab computer, proyektor, dan HP sehingga menjadi faktor pendukung dalam menerapkan teknologi digital ini, dan terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran salah satunya siswa dalam pembelajaran mengambil kesempatan untun nonton film, dan juga tidak bisa mengakses pembelajaran menggunakan proyektor karena gangguan sinyal wifi kurang kuat. Solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu guru memberikan ketegasan terhadap siswa agar siswa tidak menyalah gunakan alat tersebut pada jam pelajaran sehingga tidak menghambat kepada materi yang akan dijelaskan. sedangkan untuk mengatasi sinyal pihak guru akan memperkuat sinyal wifi agar dapat mengaksesnya lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:02
Last Modified: 23 Aug 2024 08:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6782

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item