Analisis Pengembangan Bisnis Melalui Bussiness Model Canvas Pada Franchise Martabak Hawaii Kabupaten Sampang

Toyyibah, Toyyibah (2024) Analisis Pengembangan Bisnis Melalui Bussiness Model Canvas Pada Franchise Martabak Hawaii Kabupaten Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Toyyibah_21380032020_Cover_ES.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020halaman persetujuan_ES.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_halaman pengesahan_ES.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_Abstrak_ES.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_daftar isi_ES.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_BAB 1_ES.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_BAB 2_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_BAB 3_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_BAB 4_ES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_BAB 5_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_BAB 6_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_Daftar Pustaka_ES.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Toyyibah_21380032020_pernyataan keaslian tulisan_ES.pdf

Download (262kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Bisnis, Bussiness Model Canvas Persaingan di dunia usaha semakin ketat, mendorong perlunya pengembangan usaha dengan strategi baru untuk bersaing dan bertahan. Pengembangan usaha memerlukan pemahaman tentang teknologi, pasar, dan model bisnis yang tepat. Dalam bisnis, strategi menjadi kata kunci karena strategi adalah salah satu elemen paling penting dalam pengembangan bisnis agar bisnis mampu bertahan dan berkompetisi. Model bisnis seperti Business Model Canvas (BMC) menjadi alat penting dalam merumuskan strategi bisnis yang efektif. Martabak Hawaii adalah contoh usaha yang sukses dengan strategi pemasaran yang menarik dan kualitas produk yang unggul. Untuk mengoptimalkan pendapatan dan daya saing yang lebih baik, peneliti melakukan penelitian lebih lanjut tentang Martabak Hawaii dengan menggunakan BMC sebagai alat analisis model bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan, mencatat, menganalisa kondisi yang ada dan sedang terjadi. Dilihat dari jenisnya ini termasuk penelitian lapangan (field research). Field research digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi atau penelitian lapangan. Yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dalam kancah yang sebenarnya Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa franchise Martabak Hawaii Sampang telah menerapkan strategi pemasaran, pengembangan produk, penetapan harga, promosi, dan pelayanan pelanggan yang terintegrasi. Hasil yang keuda menunjukkan Business Model Canvas pada pengembangan usaha franchise Martabak Hawaii di Sampang adalah bahwa model bisnis tersebut mencakup Customer Segments (Segmen Pelanggan), Value Propositions (Proposisi Nilai), Channels (Saluran), Customer Relationships (Hubungan Pelanggan), Revenue Streams (Arus Pendapatan), Key Resources (Sumber Daya Utama), Key Activities (Aktivitas Kunci), Key Partnerships (Kemitraan Utama), dan Cost Structure (Struktur Biaya). Sedangkan hasil yang ketiga menunjukkan bahwa faktor internal pada bisnis ini memiliki kekuatan diversifikasi pelanggan, kualitas premium, jaringan luas, dan promo rutin. Namun kelemahannya yaitu keterbatasan produk dan ketergantungan pada martabak, serta kendala infrastruktur sewa dan kontrol biaya yang tidak efisien. Sedangkan faktor eksternal mempunyai peluang kerjasama dengan pemerintah dan pengembangan franchise. Namun acamannya persaingan dengan produk sejenis dan ketergantungan pada media sosial. Dengan memahami dan mengimplementasikan elemen-elemen kesembilan dengan dibantu analisis SWOT dengan baik, franchise Martabak Hawaii dapat meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan bisnisnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:46
Last Modified: 17 Jul 2024 01:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6793

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item