Kompetensi Pedagogik Guru PAI pada Sekolah Penggerak Berbasis Pesantren di SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

Hadits, Hadits (2024) Kompetensi Pedagogik Guru PAI pada Sekolah Penggerak Berbasis Pesantren di SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Cover .pdf

Download (31kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Halaman Persetujuan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Halaman Pengesahan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Abstrak.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Daftar Isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_BAB IV.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Pernyataan Keaslian.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Hadits_20380011017_PAI_Lampiran-Lampiran .pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: kompetensi pedagogik, sekolah penggerak berbasis pesantren Pesantren Annuqayah Guluk-guluk dalam melakukan pengembangan program pendidikannya, berlandaskan pada prinsip keilmuan terbuka, dan salah satu upaya mencetak generasi yang memiliki wawasan keilmuan dengan landasan moral keagamaan, diantaranya dilakukan pesantren Annuqayah melalui lembaga SMA Annuqayah. Pendekatan penelitian yang akan digunakan oleh penulis ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Lokasi penelitiannya di Sekolah Penggerak berbasis pesantren SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Kompetensi pedagogik guru PAI di sekolah penggerak berbasis pesantren SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, terdiri dari, 1) Cara Guru melaksanakan pembelajaran, 2) Cara Guru PAI Mengenal karakteristik peserta didik, 3) Cara Guru PAI berkomunikasi dengan peserta didik, 4) Cara Guru PAI menambah wawasan tentang teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran, 5) Cara guru PAI mengembangkan kurikulum dan merancang pembelajaran, 6) Cara Guru PAI memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran PAI, 7) Cara Guru PAI memberikan fasilitas untuk pengembangan potensi peserta didik dalam pembelajaran PAI, 8) Cara Guru PAI memanfaatkan media pembelajaran pada pembelajaran PAI, 9) Cara Guru PAI menyelenggarakan evaluasi dan penilaian proses belajar PAI, 10) Cara Guru PAI memanfaatkan hasil evaluasi dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran PAI , 11) Cara Guru PAI melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Faktor Pendukung kompetensi pedagogik guru PAI di sekolah penggerak berbasis pesantren SMA Annuqayah adalah: 1) koordinasi yang baik antar guru PAI di SMA Annuqayah, karena guru-guru PAI sering diskusi, saling tukar pikiran mengenai hal-hal yang akan menjadi metode dalam mengajar, 2) Guru PAI telah mempunyai kualifikasi akademik minimal Strata 1, 3) Telah memiliki pengalaman mengajar yang cukup minimal 3 tahun, dan 4) Rata-rata guru PAI telah tersertifikasi bahkan sebagian sudah impasing. Sedangkan faktor penghambat kompetensi pedagogik guru PAI di sekolah penggerak berbasis pesantren SMA Annuqayah adalah: 1) Kurangnya supervisi dari kepala sekolah, 2) Guru tidak aktif dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), dan 3) Minimnya alokasi dana untuk pelatihan guru. Hasil kompetensi pedagogik guru PAI di sekolah penggerak berbasis pesantren SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, 1) Guru selalu konsisten terhadap waktu, 2) Metode mengajarnya menarik, 3) Guru sangat perhatian pada problem-problem yang dihadapi siswa, 4) Pembelajarannya menyenangkan, enjoy, selalu ada dialog-dialog. 5) Guru PAI berkomunikasi dengan peserta didik tidak hanya tentang materi pelajaran, tetapi guru juga sangat memperhatikan dan mementingkan pendapat-pendapat dari siswa, baik saat diskusi maupun saat tanya jawab, 6) Guru PAI berkomunikasi dengan ramah sehingga memberi kesan sangat mengayomi 7) Berkomunikasi dengan menyenangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:09
Last Modified: 30 Jul 2024 04:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6803

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item