Strategi School Branding dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Sekolah di SMAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan

Fakhiroh, Eva Zakiyatul (2024) Strategi School Branding dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Sekolah di SMAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
22380042014_SAMPUL.pdf

Download (67kB)
[img] Text
22380042014_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
22380042014_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
22380042014_KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
22380042014_DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
22380042014_BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
22380042014_BAB II.pdf

Download (166kB)
[img] Text
22380042014_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
22380042014_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
22380042014_BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
22380042014_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
22380042014_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
22380042014_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
22380042014_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (106kB)
[img] Text
22380042014_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, School Branding, Daya Saing Dalam era persaingan yang semakin ketat di dunia pendidikan, school branding menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing sekolah. School branding bukan hanya sebatas citra atau identitas sekolah, tetapi juga mencakup kualitas pendidikan yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi school branding yang digunakan oleh SMAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan guna meningkatkan daya saing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi school branding dalam upaya peningkatan daya saing sekolah di SMAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan, faktor penghambat dan pendukung strategi school branding, implikasi strategi school branding. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian yang dipilih SMAN 1 Pamekasan yang beralamatkan di Jl. Pramuka No. 2 RW 08, Barurambat Kota Kec. Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan yang beralamatkan di Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 28 Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun school branding SMAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan memiliki beberapa strategi yaitu: fokus pada pembangunan karakter, memotivasi siswa dan optimalisasi KBM, pengembangan ekstrakurikuler yang terjadwal, pemantauan dan evaluasi berkala, update dengan tren yang diminati siswa dan mengikuti perkembangan teknologi, dukungan dan kerjasama dari stakeholder sekolah/madrasah, integrasi keterampilan, sosialisasi program keterampilan, identifikasi minat siswa. Faktor penghambat school branding SMAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan yaitu ketidakpastian kebijakan pemerintah terutama terkait kurikulum dan teknologi pendukung KBM yang tidak konsisten, keterbatasan biaya, minimnya dukungan dari orang tua, heterogenitas siswa dalam sistem zonasi dan sarana prasarana kurang memadai. Faktor pendukungnya yaitu kepemimpinan yang visioner, komunikasi yang efektif, sumber daya manusia yang berkualitas, infrastruktur dan fasilitas yang mendukung, budaya prestasi yang mendorong, dukungan dari orang tua dan komite sekolah, dukungan keuangan, dukungan manajerial dan kerjasama dari seluruh pihak. Implikasi dari school branding terhadap SMAN 1 Pamekasan dan MAN 2 Pamekasan yaitu berhasil membangun citra merek yang kuat, pengakuan di tingkat regional hingga nasional, kemudahan dalam koneksi, peningkatan daya saing melalui penerimaan siswa baru, budaya belajar positif, penilaian positif dari masyarakat, meningkatkan semangat berprestasi siswa dan keterlibatan dalam kegiatan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:14
Last Modified: 18 Sep 2024 08:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6841

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item