Optimalisasi Pemanfaatan Smartphone Dalam Pembelajaran Untuk Mengendalikan Perilaku Siswa Kelas VII Di SMPN 3 Pamekasan

Maulida, Fadilatul (2024) Optimalisasi Pemanfaatan Smartphone Dalam Pembelajaran Untuk Mengendalikan Perilaku Siswa Kelas VII Di SMPN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_Sampul_BKPI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_Halaman Persetujuan_BKPI.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_Halaman Pengesahan_BKPI.pdf

Download (696kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_Abstrak_BKPI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_ 20381092016_Daftar Isi_BKPI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_BAB1_BKPI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_BAB IV_BKPI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_Daftar Rujukan_BKPI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Fadilatul Maulida_20381092016_Pertanyaan keaslian tulisan _BKPI.pdf

Download (724kB)

Abstract

Kata Kunci: Pemanfaatan Smartphone, Pembelajaran, Perilaku Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan smartphone untuk siswa sebagai media eletronik yang paling diminati di era modern ini. Selain mudah untuk dibawa kemana-mana, smartphone juga menyediakan berbagai fitur seperti google, media sosial, rekaman audio, dan video. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat.Perilaku adalah suatu perbuatan atau aktivitas atau sembarang respon baik itu reaksi, tanggapan, jawaban, atau balasan yang dilakukan oleh suatu organisme. Dalam penelitan ini ada tiga fokus yang menjadi kajian utama, antara lain: 1) Bagaimana kecenderungan pengguna smartphone oleh siswa kelas VII dalam kegiatan pembelajaran?2) Bagaimana upaya sekolah dalam mengoptimalkan pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran untuk mengendalikan perilaku siswa?3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran untuk mengendalikan perilaku siswa?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kecenderungan pengguna smartphone oleh siswa kelas VII dalam kegiatan pembelajaran, 2) Untuk mengetahui upaya sekolah dalam mengoptimalkan pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran untuk mengendalikan perilaku siswa, 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran untuk mengendalikan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan jenis deskriptif dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data hasil penelitian menggunakan tahapan melalui triangulasi, dan perpanjangan kehadiran. Hasil dari penelitian ini yaitu:1)Kecenderungan penggunaan smartphone dalam kegiatan pembelajaran yaitu;a) Siswa dilarang menggunakan smartphone saat pembelajaran di lingkungan sekolah.b) Siswa diperbolehkan membawa smartphone ketika pembelajaran proyek pancasila.c) Aplikasi yang sering digunakan saat menggunakan smartphone.2)Upaya sekolah dalam mengoptimalkan pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran yaitu a) Sekolah menerapkan aturan yang tegas mengenai penggunaan smartphone b) Sekolah membuat kebijakan tentang pemanfaatan aplikasi yang membantu siswa dalam pembelajaran.3)Faktor penghambat dalam pembelajaran untuk mengendalikan perilaku siswa yaitu a) Motivasi yang rendah. Sedangkan faktor pendukung Lingkungan kelas yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:17
Last Modified: 26 Sep 2024 08:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6875

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item