Analisis Keadaan Psikologis Siswa Dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum merdeka Belajar di MA sumber Bungur Pakong, Pamekasan

Yanti, Yanti (2024) Analisis Keadaan Psikologis Siswa Dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum merdeka Belajar di MA sumber Bungur Pakong, Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
YANTI_20381092043_SAMPUL_BKPI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
YANTI_203810920043_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
YANTI_20381092053_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_DAFTAR ISI_BKPI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_BAB I_BKPI.pdf

Download (495kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_BAB IV_BKPI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
YANTI_20381092043_Daftar Pustaka_BKPI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
YANTI_2381092043_SURAT KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci: Keadaan Psikologis Siswa, Kurikulum Merdeka Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keadaan psikologis siswa di MA Sumber Bungur pakong dalam menghadapi perubahan kurikulum merdeka belajar sehingga dalam hal ini perlu diadakan analisis keadaan psikologis tersebut. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana keadaan psikologis siswa dalam menghadapi perubahan kurikulum merdeka belajar di MA Sumber Bungur, Pakong, Pamekasan? Kedua Bagaimana cara siswa beradaptasi dengan perubahan kurikulum merdeka belajar di MA Sumber Bungur Pakong, Pamekasan? Ketiga Bagaimana upaya sekolah menangani perubahan psikologis siswa dalam menghadapi perubahan kurikulum merdeka belajar di MA Sumber Bungur Pakong, Pamekasan?. Tujuan dari penelitian ini, pertama untuk mengetahui keadaam psikologis siswa dalam menghadapi perubahan keurikulumm merdeka belajar di MA Sumber Bungur Pakong, Pamekasan, kedua untuk mengetahui cara siswa dalam beradaptasi dengan perubahan kurikulum merdeka belajar di MA Suber Bungur Pakong, Pamekasan, ketiga untuk mengetahui upaya sekolah menangani perubahan psikologis siswa dalam menghadapi perubahan kurikulum merdeka belajar di MA Sumber Bungur Pakong, Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara,observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan dalam analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, dan kesimmpuan. Adapaun dala pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini melalui beberapa teknik diantaranya: perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan selama proses penelitian, dan yang terakhir triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama keadaan psikologis siswa dalam menghadapi perubahan kurikulum merdeka belajar, , yaitu relative baik-baik saja tidak ada perubaha secara signifikan, kendatipun ada itu hanya bentuk kecemasan dan kekhawatiran saja dalam mengahadapi kurikulum baru, motivasi beberapa siswa kerap kali naik turun. Kedua cara siswa beradaptasi dengan perubahan kurilulum merdeka belajar ini seperti mengubah pola belajarnya yang tidak seperti pada kurikulum sebelumnya, menambah semangat belajarnya, menambah media pembelajaran hingga meningkatkan keahlian yang dimiliki dengan beberapa proyeksi pembelajaran yang diterapkan oleh kurikulum merdeka belajar. Ketiga upaya sekolah dalam menangani perubahan psikologis siswa dalam menghadapi perubahan kurikulum merdeka belajar seperti memberikan layanan bimbingan dan konseling oleh guru BK, memberikan ruang untuk berkomunikasi dengan seluruh dewa guru termasuk kepala sekolah, memfasilitasi segala media pembelajaran yang dibutuhkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:18
Last Modified: 26 Sep 2024 08:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6881

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item