Implementasi Islamic Boarding School Pola Ma’had Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan

Risqi, Moh. Khoirur (2024) Implementasi Islamic Boarding School Pola Ma’had Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_Cover_PAI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_Lembar Persetujuan_PAI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_Halaman Pengesahan_PAI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_Abstrak_PAI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_BAB I_PAI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_BAB IV_PAI.pdf

Download (530kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Moh. Khoirur Risqi_20381011107_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Islamic Boarding School , Karakter Religius Pendidikan adalah proses vital dalam mengembangkan potensi manusia secara optimal. Dalam konteks pendidikan Islam, pendidikan karakter, termasuk karakter religius, menjadi fokus penting untuk mengatasi fenomena dekadensi moral di kalangan siswa. Islamic Boarding School Pola Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan merupakan inovasi dalam pendidikan, mengintegrasikan pembelajaran agama dengan kehidupan asrama untuk membentuk individu yang saleh dan berbudi luhur. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi Islamic Boarding School Pola Ma’had dalam meningkatkan karakter religius siswa. Dalam hal ini peneliti menyusun fokus penelitian sebagai berikut: pertama, bagaimana implementasi Islamic Boarding School pola Ma’had dalam meningkatkan karakter religius siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan?, kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi Islamic Boarding School pola Ma’had dalam meningkatkan karakter religius siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah pembina Ma’had, guru akidah akhlak serta siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa Implementasi Islamic Boarding School pola Ma’had pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan berdasarkan hasil penelitikan dinyatakan sukses, karena penerapan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat berkontribusi dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui beberapa cara, antara lain: a) Perencanaan melibatkan guru sebagai pengasuh dan mengikuti regulasi sekolah. b) Program pengembangan (kajian agama, ibadah, kultum) menambah pengetahuan dan praktik keagamaan dan program rutinan (yasinan, tahlil, muhadhoroh) membiasakan aktivitas keagamaan. c) Evaluasi berkala oleh pengasuh untuk perbaikan program. Adapun terdapat 5 faktor pendukung implementasi Islamic Boarding School pola Ma’had yaitu: diawasi 24 jam, dekat dengan masjid sebagai pusat pembelajaran, pengasuh dan pengurus yang mengampu program keamanan, program keagamaan, penggunaan multimedia dalam pembelajaran. Dan terdapat 4 faktor penghambat Implementasi Islamic Boarding School pola Ma’had pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan yaitu: kebebasan berlibur (progra tidak berjalan selama liburan), kegiatan asrama dan sekolah berbenturan, ustadz pengampu progam dinas ke luar, dan kurang fasilitas belajar mengajar (kelas khusus per program).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:42
Last Modified: 30 Sep 2024 05:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6918

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item