Self-eficacy Hafiz Al-Quran Pada Program 30 Juz di Pondok Pesantren Ummul Quro, Plakpak, Pamekasan

Abrori, Hayyi (2024) Self-eficacy Hafiz Al-Quran Pada Program 30 Juz di Pondok Pesantren Ummul Quro, Plakpak, Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_SAMPUL_BKPI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_BAB I_BKPI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_BAB IV_BKPI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Hayyi Abrori_20381091067_SURAT KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Kata Kunci: self-eficacy, Hafiz Al-Quran, Program 30 Juz Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya self-eficacy Hafiz Al-Quran Pada Program 30 Juz di Pondok Pesantren Ummul Quro, Plakpak, Pamekasan. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana pelaksanaan program Tahfiz 30 juz di Pondok Pesantren Ummul Quro Plakpak, Pamekasan? Kedua, bagaimana peran program Tahfiz Al-Quran terhadap self-eficacy santri di Pondok Pesantren Ummul Quro, Plakpak, Pamekasan? Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat program Tahfiz terhadap self-eficacy santri di Pondok Pesantren Ummul Quro? Tujuan dari penelitian ini diantaranya: pertama, untuk mengetahui pelaksanaan program Tahfiz 30 juz di Pondok Pesantren Ummul Quro, Plakpak, Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui peran program Tahfiz Al-Quran terhadap self-eficacy santri di Pondok Pesantren Ummul Quro Plakpak, pamekasan. Ketiga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program Tahfiz terhadap self-eficacy santri di Pondok Pesantren Ummul Quro, Plakpak, Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan dalam analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, dan kesimpulan. Adapaun dala pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini melalui beberapa teknik diantaranya: perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan selama proses penelitian, dan yang terakhir triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama pelaksanaan program Tahfiz 30 juz sudah terorganisir dengan sangat baik, dengan adanya program tersebut selfeficacy santri relative cukup tinggi, kewajiban para santri yang mengikuti program Tahfiz tersebut harus hatam dalam kurun waktu 7 hari setiap juz nya, dimana hal tersbut akan menjadi persyaratan dalam kelanjutan halaman. Kedua, Peran program Tahfiz Al-Quran 30 juz terhadap self-eficacy santri di Pondok Pesantren Ummul Quro, Plakpak, pamekasan diantaranya: dapat membantu santri mengembankan keyakinan diri dalam mengambil sebuah keputusan dan menanggung resiko atas tanggungjwab yang sedang ia ambil, membantu meningkatkan rasa percaya dirinya, Oleh karena itu penanaman sel-eficacy pada santri yang sudah diterapkan oleh pondok itu sangat berdampak poistif bagi para santri yang mengikuti program 30 juz. Ketiga, faktor pendukung dan peghambat pada program Tahfiz Al-Quran terhadap self-eficacy santri di Pondok Pesantren Ummul Quro Plakpak, Pamekasan daintaranya: Pada faktor pendukung dan penghambat pelaksaan program Tahfiz 30 juz di Pondok Pesantren Ummul Quro faktor pendukungnya berupa pemberian bimbingan, arahan, dan bantuan dalam mengatasi kesulitan menghafal dari mentor, penghambantnya bisa berupa kurang motivasi, kurang dukungan dari keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:22
Last Modified: 01 Oct 2024 04:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6941

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item