Muslihah, Muslihah (2020) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ketidak Efektifan Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di Sekolah MTs Miftahul Qulub Taro`an Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (232kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (125kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - MUSLIHAH 201607010800782.pdf Download (169kB) |
|
Text
4 ABSTRAK - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (147kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (290kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (374kB) |
|
Text
7 BAB I - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (682kB) |
|
Text
8 BAB II - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
Text
9 BAB III - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
10 BAB IV - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (787kB) |
|
Text
11 BAB V - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (298kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KAESLIAN - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (149kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (1MB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP - MUSLIHAH 20160701080072.pdf Download (196kB) |
Abstract
Pendidikan yang akan menjamin manusia terus berkuasa didunia ini, banyak sekolah yang bisa ditempuh untuk melakukan program kegiatan pendidikan salah satunya di sekolah MTs Miftahul Qulub Taro`an Tlanakan Pamekasan. Terdapat banyak metode dan strategi pembelajaran yang akan diterapkan oleh guru dalam program pendidikan yang ada di sekolah, namun tidak semua metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru efektif bagi peserta didik, karena dalam hal ini seorang guru harus menyesuaikan dengan keadaan peserta didik dan kondisi yang ada di sekolah itu, ketika menerapkan suatu metode pembelajaran. Seperti halnya metode diskusi yang diterapkan oleh guru di sekolah MTs Miftahul Qulub taro`an Kelas VIII pada mata pelajaran IPS, tidak efektif untuk diterapkan. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana keterampilan guru dalam menerapkan metode diskusi pada mata pelajaran IPS kelas VIII di sekolah MTs Miftahul Qulub Taro`an Tlanakan Pamekasan, kedua yaitu Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan ketidakefektifan penerapan metode diskusi pada mata pelajaran IPS kelas VIII di sekolah MTs Miftahul qulub Taro`an Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari beberapa informan seperti guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan memalui triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu seorang guru IPS kelas VIII di sekolah MTs Miftahul Qulub taro`an kurang terampil dalam hal menerapkan metode diskusi, hal itu karena beberapa faktor yang mana faktor tersebut juga menjadi penyebab ketidakefektifan penerapan metode diskusi pada mata pelajaran IPS, yaitu faktor internal dari guru dan siswa, dan juga faktor eksternal seperti media pembelajaran, dan juga fasilitas yang ada disekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71G ?? ?? m_071 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:37 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 07:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/697 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |