Pengaruh Personal Selling dan Periklanan Terhadap Keputusan Menabung Produk Tabungan Syariah Pada Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan

Aziz, Devi Solihati (2024) Pengaruh Personal Selling dan Periklanan Terhadap Keputusan Menabung Produk Tabungan Syariah Pada Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. Devi Solihati Aziz_20383022011_Cover_PBS.pdf

Download (95kB)
[img] Text
3. Devi Solihati Aziz_20383022011_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2. Devi Solihati Aziz_20383022011_Lembar_Pengrsahan_PBS.pdf

Download (209kB)
[img] Text
5. Devi Solihati Aziz_20383022011_Abstrak_PBS.pdf

Download (185kB)
[img] Text
6. Devi Solihati Aziz_20383022011_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (185kB)
[img] Text
7. Devi Solihati Aziz_20383022011_BAB I_PBS.pdf

Download (438kB)
[img] Text
8. Devi Solihati Aziz_20383022011_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
9. Devi Solihati Aziz_20383022011_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
10. Devi Solihati Aziz_20383022011_BAB IV_PBS.pdf

Download (750kB)
[img] Text
11. Devi Solihati Aziz_20383022011_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
12. Devi Solihati Aziz_20383022011_Daftar Pustaka_PBS.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4. Devi Solihati Aziz_20383022011_Surat_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (207kB)

Abstract

Kata Kunci: Personal Selling, Periklanan, Keputusan Menabung Perkembangan perekonomian Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan, sehingga meningkatkan pula pertumbuhan tabungan masyarakat dalam menyimpan dananya di Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan. Untuk mendapatkan calon nasabah tabungan tersebut, maka harus dilakukan bauran pemasaran terlebih dahulu dengan menggunakan cara yang baik seperti personal selling dan periklanan. Personal selling merupakan interaksi secara langsung antara penjual dan calon pembeli, sedangkan periklanan merupakan penggunaan media massa untuk menyampaikan pesan promosi kepada khalayak yang lebih luas. Oleh karena itu, strategi personal Selling dan periklanan menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan menabung calon nasabah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama apakah personal selling dan periklanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menabung produk tabungan syariah pada Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan, kedua apakah personal selling berpengaruh terhadap keputusan menabung produk tabungan syariah pada Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan dan ketiga apakah periklanan berpengaruh terhadap keputusan menabung produk tabungan syariah pada Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari nasabah Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan dan data sekunder yang diperoleh dari jurnal, skripsi dan buku yang berkaitan dengan tema serta mendukung dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.908 nasabah tabungan syariah di Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik slovin, sehingga diperoleh sebanyak 330 nasabah tabungan syariah di Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal selling dan periklanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menabung produk tabungan syariah di Koperasi Syariah BMT NU Mandiri Pamekasan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi yang diperoleh sebesar 3,02 dan menghasilkan Fhitung sebesar 7,633 dengan nilai sig. sebesar 0,001 (sig. < 0,05). Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial personal selling dan periklanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan menabung produk tabungan syariah dengan nilai thitung variabel personal selling sebesar 2,971 dan menghasilkan ttabel sebesar 1,649 (thitung > ttabel) dengan nilai sig. sebesar 0,003 (sig. < 0,05), sementara nilai thitung variabel periklanan diperoleh sebesar 2,641 dan menghasilkan ttabel sebesar 1,649 (thitung > ttabel) dengan nilai sig. sebesar 0,009 (sig. < 0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:19
Last Modified: 02 Oct 2024 07:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7004

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item