Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran PAI-BP Bagi Siswa Kelas 4 di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep

Putra, Alfian Satria Adi (2024) Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran PAI-BP Bagi Siswa Kelas 4 di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_ SAMPUL_PAI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi P_20381011154_Halaman Persetujuan_PAI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi P_20381011154_HALAMA PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_BAB 1_PAI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_BAB 2_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_BAB 3_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_BAB 4_PAI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_BAB 5_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Alfian Satria Adi Putra_20381011154_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (122kB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya, Profil Pelajar Pancasila, Mata Pelajaran PAI-BP. Sekolah SDI mabdaul falah telah menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka yang dimana sekolah SDI mabdaul falah akan mewujudkan siswa dan siswinya yang berpedoman ke 6 dimensi profil pelajar pancasila. Adapun projet penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDI mabdaul falah adalah demo masak, kerajinan tangan dan seni musik, Disamping itu, projet penguatan profil pelajar pancasila diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong dan memotivasi peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat dan sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama upaya apa saja yang dilakukan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila melalui mata pelajaran PAI-BP bagi siswa kelas 4 di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep kedua apa saja hambatan yang di hadapi dalam mewujudkan profil pelajar pancasila melalui mata pelajaran PAI-BP bagi siswa kelas 4 di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI, guru wali kelas 4, murid. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam mewujudkan profil pelajar pancasila yaitu harus ada prakteknya, zikir, sholat dhuha dan duhur bersama, siswa harus bisa memimpin dirinya sendiri serta dalam mengajar yang diajarkan guru pertama adalah akhlak. Kedua, Ada beberapa hambatan dalam mewujudkan profil pelajar pancasila yaitu tidak semua siswa itu punya motivasi untuk berkembang, ada sebagian siswa yang acuh tak acuh terhadap apa yang diajarkan oleh guru, kurangnya dukungan dari orang tua, sebagian dari siswa kurangnya pemahaman tentang pentingnya belajar agama sejak dini, masih ada siswa yang tidak disiplin seperti halnya lupa membawa buku mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:58
Last Modified: 08 Oct 2024 01:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7026

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item