Penerapan Autentik Assessment Dalam Pembelajaan Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Tanwirul Qulub Desa Dempo Timur Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan

EFENDY, ACHMAD (2024) Penerapan Autentik Assessment Dalam Pembelajaan Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Tanwirul Qulub Desa Dempo Timur Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Achmad efendy_20381011066_Logo_PAI.PDF.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_HALAMANPERSETUJUAN_PAI.PDF.pdf

Download (181kB)
[img] Text
ACHMAD EFENDY_20381011066_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.PDF.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Achmad Efendy_20381011066_ABSTRAk_PAI.PDF.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_DAFTAR ISI_PAI.PDF.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_BABI_PAI.PDF.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_BABII_PAI.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_BABIII_PAI.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_BABIV_PAI.PDF.pdf

Download (610kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_BABV_PAI.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
Achmad efendy_20381011066_DAFTARRUJUKAN_PAI.PDF.pdf

Download (192kB)
[img] Text
achmad efendy_20381011066_keasliantulisan_PAI.PDF.pdf

Download (177kB)

Abstract

Kata kunci: autentik assessment, Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa di MTs Tanwirul Qulub Dempo Timur Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan terhadap mata pelajaran SKI yang dimana siswa sering kali tidak mendengarkan guru yang menjelaskan mapel tersebut. Sebagai terobosan baru dalam menangani masalah tersebut guru mapel SKI menguunakan penerapan autentik assessment, karena Penerapan autentik asesmen dalam pembelajaran SKI di MTs Tanwirul Qulub menjadi solusi yang diusulkan untuk meningkatkan penilaian pembelajaran, terutama dalam mengukur hasil belajar siswa dalam ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Dengan beberapa fokus penelitian yaitu bagaimana penerapan autentik assessment dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam, serta apa saja factor pendukung serta factor penghmbat dalam penerapan autentik assessment, juga apa saja hasil dari penerapan autentik assessment dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Tanwirul Qulub Dempo Timur Pasean Pamekasan. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan autentik assessment, serta untuk mengetahui apa saja factor pendukung dan juga factor penghambat, juga untuk mengetahui apa saja hasil dari penerapan autentik assessment dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Tanwirul Qulub Dempo Timur Pasean Pamekasan. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, serta validasi data yang digunakan melalui beberapa teknik yakni perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi Teknik. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa hasil dari penelitian yaitu dengan penerapan autentik siswa dapat memahami pembelajaran serta tidak malas dalam mempelajari mata pelaran, dengan factor pendukung seperti ketersediaan sumber daya, dukungan kepemimpinan, serta keterlibatan siswa. Namun adabebrapa yang harus diselesaikan agar penerapan autentik assessment dapat berjalan dengan baik yaitu terdapat pada faktor penghambat salah satunya yaitu keterbatasan waktu, keterbatasan sumber daya, serta ketidak pastian dalam penilaian. Dalam penerapan autentik assessment dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam menemukan beberapa hasil dari penerapan nya yaitu pemahaman yang lebih mendalam, keterampilan berpikit kritis, pengembngan kreaktivitas, pengalaman belajar yang bermakna. fakta bahwa Penilaian dalam pendidikan, terutama dalam Kurikulum 2013, melibatkan aspek unjuk kerja, produk, dan sikap. Namun, penilaian aspek afektif sering kali diabaikan atau kurang diperhatikan, meskipun memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:58
Last Modified: 08 Oct 2024 01:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7028

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item