Al Khusainy, Ilham Djibran (2024) Implementasi Segmenting, Targeting dan Positioning Pada produk pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kadur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_COVER.pdf Download (109kB) |
|
Text
Ilham djibran al khusainy _20383021131_Halaman persetujuan pembimbing .pdf Download (916kB) |
|
Text
Ilham djibran al khusainy _20383021131_Halaman pengesahan .pdf Download (262kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_abstrak.pdf Download (165kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_BAB IV.pdf Download (308kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
Ilham Djibran Al Khusainy_20383021131_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text
Ilham djibran al khusainy_20383021131_keaslian tulisan.pdf Download (796kB) |
Abstract
Kata Kunci : Segmenting , Targeting, Positioning, LASISMA. Setiap perusahaan selalu menggunakan strategi pemasaran untuk meningkatkan dan memperluas pasarnya. Langkah-langkah yang dapat ditempuh diantaranya; Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Begitu pula pada produk pembiayaan LASISMA yang juga menggunakan system STP. Oleh karena itu, penelitian ini fokus terhadap implementasi Segmenting, Targeting dan Positioning pada produk pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kadur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengelola dan anggota di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kadur. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data kemudian menganalisis data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: implementasi Segmenting, Targeting dan Positioning pada Produk Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) sudah sesuai dengan konsep Segmenting, Targeting dan Positioning itu sendiri yang dimulai dengan langkah segmentasi yakni pengelompokan anggota berdasarkan aspek atau kriteria tertentu, yang mana segmentasi tersebut diimplementasikan dengan segmentasi demografis yakni dengan mengelompokkan target pasarnya yaitu anggota pengguna pembiayaan LASISMA berdasarkan jenis pekerjaan dan penghasilannya. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses targeting yang diimplementasikan dengan cara menganalisis hasil survey dan hasil segmentasi yang dilakukan sebelumnya, untuk menentukan target utama pasar pada produk pembiayaan LASISMA, yang kemudian ditargetkan pada para anggota yang merupakan pelaku usaha dan berpenghasilan rendah. Kemudian, proses positioning diimplementasikan dengan cara menghampiri anggota yang menjadi target utama pasar secara langsung untuk mengenalkan dan menawarkan produk pembiyaan LASISMA ini. Implementasi Segmenting, Targeting dan Positioning ini cukup efektif dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kadur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:03 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7035 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |