Lusita, Eva (2024) Upaya meningkatkan berpikir kritis melalui metode pembelajaran examples non examples kelas 5 MI Darul Hikmah Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381052050_sampul.pdf Download (24kB) |
|
Text
20381052050_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
20381052050_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (212kB) |
|
Text
20381052050_ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
20381052050_DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) |
|
Text
20381052050_BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
20381052050_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
20381052050_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
20381052050_BAB IV.pdf Download (559kB) |
|
Text
20381052050_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
20381052050_Daftar Rujukan.pdf Download (207kB) |
|
Text
20381052050_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (280kB) |
Abstract
Kata kunci : berpikir kritis, metode pembelajaran examples non examples. Kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan masih banyak juga siswa yang sulit dalam memahami penjelasan guru, sehingga menyebabkan suasana pembelajaran kurang optimal. Siswa perlu diberikan sebuah alat bantu seperti contoh gambar dan perlu diulang beberapa kali sehingga siswa tidak perlu bertanya berulang kali tentang apa yang harus dikerjakan yang sudah disampaikan oleh guru. Maka tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan berpikir kritis melalui metode pembelajaran examples non examples kelas 5 MI Darul Hikmah Proppo Pamekasan dan untuk mengetahui metode pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan berpikir kritis kelas 5 MI Darul Hikmah Proppo Pamekasan. Metode peneliti ini menggunakan (PTK) Penelitian Tindakan kelas dengan model kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Darul Hikmah Proppo yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan teknik analisa data kualitatif dan data analisa kuntitatif. Hasil penelitian yang pertama langkah-langkah metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan berpikir kritis adalah (1) guru menyiapkan bahan bacaan, (2) guru menyiapkan gambar-gambar, (3) guru menempelkan gambar-gambar dipapan, (4) guru memberikan petunjuk untuk mengamati dan menganalisis gambar, (5) hasil kelompok pada analisis gambar dilakukan oleh kelompok yang terdiri dari 2-3 siswa, (6) setiap kelompok diberikan kesempatan secara bergantian untuk menyampaikan hasil diskusi, (7) semua kelompok menyampaikan hasil diskusi. Metode pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas 5, hal ini dibuktikan melalui tes. Hasil pada siklus 1 nilai rata-rata pada berpikir kritis melalui metode pembelajaran examples non examples kelas 5 MI darul hikmah proppo pamekasan mencapai nilai sebesar 54,5. Dan pada siklus 2 nilai rata-rata mencapai 83,25.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7044 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |