Analisis Kebijakan UU Pesantren Dalam Perkembangan Pendidikan Islam Perspektif Sosio Historis

Tamam, Badrud (2024) Analisis Kebijakan UU Pesantren Dalam Perkembangan Pendidikan Islam Perspektif Sosio Historis. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_Sampul_PAI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_Pengesahan Dewan Penguji_PAI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Badrud Tamam_20380011012_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_Abstrak_PAI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_BAB I_PAI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_BAB IV_PAI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
Badrud Tamam,_20380011012_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Badrud Tamam_20380011012_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (175kB)

Abstract

Kata Kunci:, Kebijakan UU Pesantren, Pendidikan Islam. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang berpartisipasi aktif dalam merealisasikan kemerdekaan dan persatuan Indonesia dan merupakan indigenous culture masyarakat Islam Indonesia serta berperan penting dalam merealisasikan kemaslahatan umat serta mencetak generasi yang bermoral berakhlak Islami. Perlakuan pemerintah Indonesia terhadap pesantren berbanding terbalik dengan mendiskriminasikan pesantren dan enggan merekognisi pesantren serta menganggap pesantren hanya sebagai lembaga pendidikan nonformal. Dengan lahirnya UU No. 18 Tahun 2019 tentang pesantren memberi cahaya bagi pesantren di Indonesia untuk mendapatkan legalitas dan rekognisi serta kesetaraan dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan kesetaraan kesempatan kerja. Dan Perpres No. 82 Tahun 2021 Tentang pendanaan penyelenggaraan Pesantren. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; Bagaimana perkembangan Pesantren dalam perspektif Historis?, Bagaiman eksistensi pesantren dalam perspektif UU No. 18 Tahun 2019 ?, Bagaimana penerapan kurikulum pendidikan agama Islam perspektif UU No. 18 Tahun 2019? Untuk menjawab permasalahan ini maka dilakukanlah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Analisis Data dalam penelitian ini memanfaatkan pendekatan analisis kebijakan publik. Hasil penelitian menunjukkan pertama: perkembangan pesantren dalam perspektif historis adalah sebuah perjalanan yang penuh tantangan namun juga penuh potensi. Pesantren terus bertransformasi untuk menjawab tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat, sambil tetap mempertahankan identitas dan nilai-nilai keislaman yang menjadi ciri khasnya. Melalui pemahaman yang mendalam terhadap hasil penelitian ini, kita dapat lebih mengapresiasi peran pesantren dalam melestarikan warisan budaya dan pendidikan Islam di Indonesia. Kedua: Undang-Undang nomor 18 tahun 2019 memberikan dampak bagi pesatren yaitu; (1) Pengakuan terhadap keberadaan pesantren, (2) Perlindungan hukum, (3) Penguatan modal insani, (3) pembinaan dan pengembangan kurikulum Ketiga: Kurikulum pesantren mencakup tujuan pendidikan, kompetensi dasar, mata pelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi yang disusun untuk sesuai dengan ajaran Islam dan kebutuhan zaman. Implementasi kurikulum di pesantren bervariasi, dengan pesantren tradisional fokus pada pengajaran kitab klasik, pesantren modern mengintegrasikan pendidikan umum dan teknologi, serta pesantren semi-modern yang menggabungkan nilai-nilai tradisional dan pendidikan modern

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:07
Last Modified: 10 Oct 2024 03:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7062

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item