Kurniawan, Erly (2024) Penggunaan Lagu untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 2 MI Al-Kautsar Blumbungan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_COVER_PGMI.pdf Download (229kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (103kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (167kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (11kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (187kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_BAB I_PGMI.pdf Download (447kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_BAB IV_PGMI.pdf Download (449kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
ERLY KURNIAWAN_20381051049_PERNYATAAN KEASLIAN_PGMI.pdf Download (354kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pemahaman Materi, Penggunaan Lagu, Bahasa Inggris Kurangnya pemahaman peserta didik merupakan tidak tercapainya suatu tujuan pembelajaran, hal ini disebabkan karena siswa kurang semangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris karena mereka merasa bosan dengan pelajarannya, sulitnya materi dan sulitnya menghafal kosa kata bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui proses penggunaan lagu dalam meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran bahasa Inggris kelas 2 MI Al-Kautsar Blumbungan Pamekasan. 2) untuk mendeskripsikan apakah penggunan lagu dapat meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran bahasa Inggris kelas 2 MI Al-Kautsar Blumbungan Pamekasan. Penelitian ini memperoleh data dengan cara observasi, dokumentasi, dan test. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis yang mana terdiri dari beberapa siklus, setiap siklus ada 4 tahapan seperti model Kurt Lewin yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada model Kemmis ini jika dalam siklus pertama tidak mampu menuju signifikan maka dilakukan siklus kedua, apabila siklus kedua masih belum ada signifikan maka dilakukanlah siklus ketiga dan begitipun seterusnya. Apabila pada siklus kedua sudah memenuhi signifikan atau berhasil dalam penelitiannya maka dicukupkan pada siklus kedua saja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al-Kautsar yang berjumlah 11 siswa, 3 diantaranya laki-laki dan 8 diantaranya perempuan. KKM untuk mata pelajaran bahasa Inggris yakni 70, dan ketuntasan klasikal siswa yakni 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya proses penggunaan lagu dalam meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran bahasa Inggris kelas 2 MI Al-Kautsar dilaksanakan dengan 2 putaran siklus, pada observasi aktivitas guru dan siswa presentase aktivitas guru pada siklus 1 87,5% yang tergolong baik, meningkat menjadi 100% dan tergolong sangat baik pada siklus 2. Presentase aktivitas siswa meningkat juga dari 55% tergolong kurang di siklus 1 menjadi 95% tergolong sangat baik di siklus 2. Penggunaan lagu untuk meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran bahasa Inggris kelas 2 MI Al-Kautsar Blumbungan Pamekasan. Hal ini berdasarkan fakta yang diperoleh dari hasil penilaian siswa pada setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal di prasilus 9% kategori kurang, siklus 1 mencapai 45% kategori kurang, dan siklus 2 mencapai 100% kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7067 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |