Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR) di KSPPS BMT NU Cabang Larangan

Asfufa, Nurika Putri (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR) di KSPPS BMT NU Cabang Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_cover_PBS.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_persetujun_PBS.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_pengesahan_PBS.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_abstrak_PBS.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_bab 1_PBS.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_bab 2_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_bab 3_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_bab 4_PBS.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_bab 5_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_dapus_PBS.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Nurika Putri Asfufa_20383022146_keaslian_PBS.pdf

Download (286kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Simpanan Lebaran KSPPS BMT NU Cabang Larangan dalam meningkatkan jumlah anggota untuk menarik minat anggota perlu mengenal produk simpanan yang mereka inginkan. Salah satunya simpanan lebaran, dengan hal itu perlu adanya strategi pemasaran dalam memilih produk simpanan lebaran itu sendiri. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk simpanan lebaran (SABAR) di KSPPS BMT NU Cabang Larangan dan apa faktor pendukung penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk simpanan lebaran (SABAR) di KSPPS BMT NU Cabang Larangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, yang berarti bahwa peneliti memperoleh data dengan cara turun langsung ke lapangan. Peneliti melakukan wawancara kepada informan yaitu: Kepala Cabang, karyawan, serta anggota simpanan lebaran di KSPPS BMT NU Cabang Larangan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara membandingkan keadaan dan perspektif seorang dengan berbagai pendapat, ketekunan pengamatan, triangulasi, karena peneliti akan memaparkan dan memperoleh gambaran tentang permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan KSPPS BMT NU Cabang Larangan pada produk simpanan lebaran menerapkan strategi pemasaran dengan menggunakan STP (segmenting, targeting, positioning). Segmentasi pasarnya adalah berfokus pada masyarakat Larangan, targeting yaitu target pasar pada produk simpanan lebaran adalah semua kalangan masyarakat Larangan, dan positioning adalah menentukan posisi pasar yaitu tempatnya. Selanjutnya dilihat dari marketing mix (bauran pemasaran) BMT NU Cabang Larangan sudah melakukan bauran pemasaran yang baik, meliputi product, price, place, dan promotion. Faktor pendukung yang dapat meningkatkan jumlah anggota yaitu anggota tidak perlu datang ke kantor untuk menabung karena pihak pengelola BMT NU Cabang Larangan akan menjemput kerumah atau tempat usaha anggota yang ingin menabung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:22
Last Modified: 10 Oct 2024 04:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7093

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item