Abillah, Zahda Muhtadi (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Anggota Pada Pembiayaan LASISMA Di BMT NU Cabang Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_Sampul_PBS.pdf Download (249kB) |
|
Text
b. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_Halman Persetujuan_PBS.pdf Download (295kB) |
|
Text
c. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_Halaman Pengesahan_PBS.pdf Download (304kB) |
|
Text
d. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_Abstrak_PBS.pdf Download (293kB) |
|
Text
e. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_Daftar Isi_PBS.pdf Download (193kB) |
|
Text
f. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_BAB I_PBS.pdf Download (684kB) |
|
Text
g. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
h. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
|
Text
i. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_BAB IV_PBS.pdf Download (977kB) |
|
Text
j. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
k. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (325kB) |
|
Text
l. Zahda Muhtadi Abillah_18383021198_Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf Download (206kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Minat Pembelian, dan Pembiayaan LASISMA. BMT merupakan varian dari lembaga keuangan mikro berbasis syariah didefinisikan sebagai lembaga keuangan mikro berbasis koperasi. Salah satu cara BMT menarik minat masyarakat untuk bertransaksi yaitu dengan memberikan kualitas produk yang baik serta promosi yang menarik. Kualitas produk merupakan kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya sehingga dapat menciptakan kesesuaian dengan tujuan dan kebutuhan nasabahnya. Promosi adalah memberi informasi dan memperkenalkan segala jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan berusaha menarik minat calon nasabah baru. Sedangkan minat konsumen merupakan bagian dari komponen perilaku dalam sikap mengkonsumsi, kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar benar terlaksana. Salah satu produk yang ada di BMT yaitu pembiayaan LASISMA, LASISMA merupakan sebuah pembiayaan tanpa jaminan berbasis kelompok dengan jumlah pembiayaan yang boleh diajukan adalah maksimal Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah) per-orangnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan LASISMA di BMT NU Cabang Tlanakan Pamekasan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat anggota (Y) pada Produk LASISMA di BMT NU Cabang Tlanakan Pamekasan dengan nilai thitung sebesar 2,572 > nilai ttabel 1,986, dan taraf signifikansi sebesar 0, 012 < 0,05. 2) Variabel promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat anggota (Y) pada Produk LASISMA di BMT NU Cabang Tlanakan Pamekasan dengan nilai thitung sebesar 3,448 > nilai ttabel 1,986, dan taraf signifikansi sebesar 0, 001 < 0,05. 3) Hasil uji F (uji simultan) diperoleh bahwa nilai Fhitung sebesar 15,012 > nilai Ftabel 3,093 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Maka, variabel kualitas produk (X1) dan promosi (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat anggota (Y) pada Produk LASISMA di BMT NU Cabang Tlanakan Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:39 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7107 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |