Islamiyah, Roro Pujiati (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Scramble Terhadap Keterampilan Menulis (Menyusun Kata Acak Menjadi Sebuah Kalimat) Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381052076_SAMPUL.pdf Download (466kB) |
|
Text
20381052076_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
20381052076_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
20381052076_ABSTRAK.pdf Download (520kB) |
|
Text
20381052076_DAFTAR ISI.pdf Download (657kB) |
|
Text
20381052076_BAB I.pdf Download (685kB) |
|
Text
20381052076_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
|
Text
20381052076_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
|
Text
20381052076_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
20381052076_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
|
Text
20381052076_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (491kB) |
|
Text
20381052076_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (82kB) |
Abstract
Kata kunci: Model pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Media Scramble. Suasana kelas yang tidak kondusif, membuat siswa tidak tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Model yang digunakan oleh guru kebanyakan membuat lebih monoton dan suasana kelas yang tidak kondusif ini membuat siswa kurang terampil dalam menulis sehingga dibutuhkan sebuah inovasi dalam pembelajaran agar siswa tertarik dalam keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media scramble terhadap keterampilan (menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat) menulis siswa kelas v pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media scramble terhadap keterampilan menulis (menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat) siswa kelas v pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, dimana menggunakan desain angka-angka, pengelolaan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Metode penelitian ini dipilih untuk dapat mengetahui pengaruh suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Pengumpulan data diperoleh melalui tes tertulis tes dengan memakai pre-test dan post-test sebagai instrument utama. Lokasi penelitian di SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media Scramble terhadap keterampilan menulis (menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat) siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Branta Pesisir III Tlanakan Pamekasan, dibuktikan dengan penghitungan uji t, dimana setelah nilai t dihitung dan dikorelasikan dengan nilai t tabel, diperoleh hasil 9,459 untuk t hitung dan1,708 untuk t tabel. Kemudian berdasarkan pada hasil koenfiesien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,621 (62,1%) yang mana dalam hal ini model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media Scramble terhadap keterampilan menulis (menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat) siswa memberikan pengaruh sebesar 62,1 %. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap pihak pihak yang terlibat atas hasil penelitian ini serta dapat digunakan sebagai referensi pertimbangan bagi penelitian berikutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7127 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |