Maghfirah, Ismil (2024) Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Bekelanjutan pada Kelas IV MIS Darul Muta’allimin. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_Cover_PGMI.pdf Download (77kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (113kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf Download (204kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_Abstrak_PGMI.pdf.pdf Download (218kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf Download (93kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_BAB I_PGMI.pdf.pdf Download (260kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_BAB II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (320kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf Download (169kB) |
|
Text
Ismil Maghfirah_20381052055_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (174kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru, Meningkatkan Kreativitas, P5 MIS Darul Muta’allimin termasuk salah satu sekolah yang sudah menjalankan kurikulum merdeka terutama pada penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yang dilaksanakan setiap minggunya seperti kegiatan mendaur ulang limbah organik serta kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan kepribadian berlandaskan nilai dari profil pelajar pancasila. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini. Pertama: bagaimana peran guru dalam menerapkan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV MIS Darul Muta’allimin? Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam menerapkan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada kelas IV MIS Darul Muta’allimin? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini terdapat tiga tahapan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasn yang diwawancarai yaitu kepala sekolah MIS Darul Muta’allimin, Wali Kelas IV, dan beberapa siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, peran guru dalam menerapkan projek penguatan profil pelajar pancasi;a (P5) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada kelas IV di MIS Darul Muta’allimin yaitu peran guru sebagai pendidik dan pengajar mendidik siswa untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan dimensi P5, sebagai mediator atau sumber belajar menyedikan fasilitas yang diperlukan saat pelaksanaan P5 seperti buku pedoman, sebagai model dan teladan guru memberikan contoh perilaku positif kepada siswanya, sebagai motivator guru selalu memberikan motivasi agar ide-ide kreatif siswa dapat muncul, dan sebagai pembimbing dan evaluator guru selalu menilai hasil dari P5 siswa secara obyektif. Serta kedua faktor pendukung peran guru dalam menerapkan P5 untuk meningkatkan kreativitas siswa yaitu: sarana dan prasarana yang memadai, komitmen guru, dan dukungan dari kepala sekolah. sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya koordinasi dengan instansi yang menjalankan P5 dan keterbatasan waktu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7132 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |