Ernawati, Ernawati (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Administrasi Guru di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ERNAWATI_20381042009_COVER_MPI.pdf Download (50kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (90kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf Download (151kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_ABSTRAK_MPI.pdf Download (10kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (16kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_BAB I_MPI.pdf Download (132kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_BAB IV_MPI.pdf Download (675kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf Download (155kB) |
|
Text
ERNAWATI_20381042009_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (128kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Supervisi Administrasi Guru Strategi kepala sekolah merupakan rencana yang direncanakan oleh kepala sekolah dalam mengarahkan setiap individu dan seluruh sumber daya untuk dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu strategi kepala sekolah ialah dengan melaksanakan supervisi administrasi guru agar setiap guru dapat memiliki kesiapan maupun tingkat kedisiplinan yang tinggi menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi administrasi guru di MAN 1 Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung supervisi administrasi guru di MAN 1 Pamekasan; ketiga, Bagaimana hasil dari supervisi administrasi guru di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, Waka bidang akademik, kepala urusan tata usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi administrasi guru dilakukan dengan cara kepala sekolah menyusun jadwal pelaksanaan supervisi administrasi kepada guru tiap bidang studi yang dilakukan setiap semester. Melakukan supervisi melalui teknik kunjungan kelas maupun di suatu tempat. Kepala madrasah melalukan pengecekan terhadap keseluruhan perangkat pembelajaran yang dimiliki para guru sehingga nantinya akan diberikan penilaian dan catatan evaluasi. Kedua, faktor pendukung supervisi administrasi guru ialah karena program ini sudah menjadi program yang wajib dilaksanakan oleh kepala madrasah kepada guru, sehingga guru sudah memiliki kesiapan dalam melengkapi perangkat, pembelajaran sehingga kepala madrasah tidak terlalu banyak memberikan arahan. Ketiga, hasil dari pelaksanaan supervisi administrasi guru ialah adanya peningkatan kedisiplinan bagi setiap guru dalam melengkapi seluruh perangkat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:26 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:26 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7287 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |