Febriana, Alvina Nanda (2024) Implementasi Sekolah Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan Di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381042064_SAMPUL (PDF).pdf Download (226kB) |
|
Text
20381042064_HALAMAN PERSETUJUAN (PDF).pdf Download (121kB) |
|
Text
20381042064_HALAMAN PENGESAHAN (PDF).pdf Download (156kB) |
|
Text
20381042064_ABSTRAK (WORD).docx Download (42kB) |
|
Text
20381042064_DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
|
Text
20381042064_BAB I (PDF).pdf Download (341kB) |
|
Text
20381042064_BAB II (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
Text
20381042064_BAB III (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
20381-42064_BAB IV (PDF).pdf Download (701kB) |
|
Text
20381042064_BAB V (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
20381042064_DAFTAR RUJUKAN (PDF).pdf Download (311kB) |
|
Text
20381042064_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (332kB) |
Abstract
Kata Kunci: Sekolah Adiwiyata, Karakter, Siswa, Peduli Lingkungan Dalam membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik dalam sebuah lembaga pendidikan perlunya adanya sebuah kerja sama antara pemerintah, masyarakat, wali murid, guru, dan peserta didik. Dengan adanya kerja sama antara sekolah dan masyarakat maka program sekolah adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan dapat dilaksanakan dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang implementasi sekolah adiwiyata dalam membentuk karakter siswa peduli lingkungan di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan dan faktor penghambat dan pendukung sekolah adiwiyata dalam membentuk karakter siswa peduli lingkungan di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 2 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana implementasi sekolah adiwiyata dalam membentuk karakter siswa peduli lingkungan di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan, dan kedua apa saja faktor penghambat dan pendukung sekolah adiwiyata dalam membentuk karakter siswa peduli lingkungan di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Sekolah Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan yaitu Pengenalan karakter peduli lingkungan secara langsung dimulai dari guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dalam membentuk karakter peduli lingkungan yaitu dengan memberikan contoh kepada siswa dan Mengadakan kegiatan positif yang dapat membangun karakter peduli lingkungan. Kedua, Faktor Pendukung dan Penghambat Sekolah Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan di SD Negeri 1 Jalmak Pamekasan yaitu Faktor Pendukung, Guru, Siswa, dan Sarana dan Prasarana serta Faktor Penghambat, implementasi sekolah adiwiyata dalam membentuk karakter siswa peduli lingkungan di SD Negeri 1 Jalmak yaitu adanya pengaruh dari lingkungan rumah yang kurang baik serta kurangnya kerjasama orang tua dengan guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7376 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |