Muis, Abd (2024) Pengaruh model problem based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 camplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381081058 SAMPUL.pdf Download (34kB) |
|
Text
20381081058_HALAM PERSETUJUAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
20381081058_ Halaman pengesahan.pdf Download (197kB) |
|
Text
20381081058_ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text
20381081058_DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
|
Text
20381081058_BAB 1.pdf Download (131kB) |
|
Text
20381081058_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
20381081058_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
20381081058_BAB IV.pdf Download (183kB) |
|
Text
20381081058_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
20381081058_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
20381081058_SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf Download (353kB) |
Abstract
Kata kunci: problem based learning, motivasi belajar : IPS Tujuan IPS adalah mengembangkan kemampuan dan mutu kehidupan serta martabat manusia menurut Nasrul dalam jurnal. Tujuan ini mengarahkan peserta didik untuk lebih peka kepada masalah masalah sosial yang terjadi dan siswa dapat aktif untuk menyelesaikan masalah yang sudah diberikan. Selain itu ada beberapa kendala selama Pembelajaran IPS, yang pertama peserta didik masih beranggapan kalau materi IPS itu sulit dan terlalu banyak materi yang perlu dipahami sehingga peserta didik sudah kehilangan semangat belajarnya terlebih dahulu. Kendala yang kedua, beberapa guru hanya menyampaikan materi saja tanpa memperhatikan tanggapan atau pendapat siswa selama proses pembelajaran. Agar mencapai tujuan Pembelajaran IPS tersebut maka perlu diterapkan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang merupakan perhitungan berdasarkan data statistik dalam bentuk jumlah atau angka-angka. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh model problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII SMPN 1 camplong. Sementara sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa Islam kelas VII SMPN 1 camplong. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan strata. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil pernerlitian dan permbahasan yang terlah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa morderl PBL berperngaruh terhadap mortivasi berlajar IPS pada siswa kerlas VII SMPN 1 camplorng Dari uji regresi linear sederhana diperoleh hasil yang menunjukan bahwa model persamaan regresi untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh model problem based learning adalah Y= Y=29.586+0,323X. Dengan kata lain nilai variabel terikat (Y) ketika variabel bebas (X) bernilai nol maka tingkat motivasi belajar siswa (Y) sebesar 4,587tetapi jika variabel (X) mengalami kenaikan sebanyak satu satuan maka nilai variabel (Y) akan bertambah sebanyak 0,323 (Y=29.586+0,038X=29,909). Sehingga model problem based learning memberikan pengaruh sebesar 29,909 terhadap motivasi belajar siswa dalam satu satuan dan nilai signifikan yaitu 0,038< 0,05, sehingga H₁ yang berbunyi variabel model problem based learning mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Beli Ulang diterima, sedangkan H∘ yang berbunyi variabel model problem based learning tidak mempunyai pengaruh signifikan ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7384 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |