Rohman, Farrij Andika (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII E di SMPN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_Sampul_IPS.pdf Download (51kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_persetujuan_IPS.pdf Download (230kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_Lembar Pengesahan_IPS.pdf Download (456kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_Abstrak_IPS.pdf Download (38kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_DAFTAR ISI_IPS.pdf Download (45kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_BAB I_IPS.pdf Download (213kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_BAB II_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_BAB III_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_BAB IV_IPS.pdf Download (210kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_BAB V_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_Daftar Pustaka_IPS.pdf Download (99kB) |
|
Text
Farrij Andika Rohman_20381081006_Keaslian Tulisan_IPS.pdf Download (369kB) |
Abstract
Kata Kunci: STAD, Keaktifan Siswa, IPS, SMPN 2 Pamekasan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang di temukan pada kelas VII E di SMPN 2 Pamekasan yaitu rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS, di dalam kelas guru masih menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi pembelajaran dan dilanjutkan dengan latihan soal, alhasil kegiatan pembelajaran menjadi tidak bervariasi dan terbatas. Berdasarkan hal tersebut, ada satu pokok permasalahan yang menjadi kajian pada penelitian ini, yaitu: bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS Kelas VII E di SMPN 2 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi keaktifan belajar siswa, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta analisis data kuantitatif dengan persentase dari penilaian keaktifan belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keaktian belajar siswa pada pembelajaran IPS dari siklus I ke siklus II. Indikator mempehatikan penjelasan guru mengalami peningkatan 12,51% dari siklus I ke siklus II. Indikator mencatat atau merangkum materi pelajaran mengalami peningkatan 28,13% dari siklus I ke siklus II. Indikator bertanya kepada guru atau teman mengalami peningkatan 26,57% dari siklus I ke siklus II. Indikator menjawab pertanyaan dari guru atau teman mengalami peningkatan 39,06% dari siklus I ke siklus II. Indikator Berdiskusi bersama anggota kelompok dalam memecahkan masalah mengalami peningkatan 21,88% dari siklus I ke siklus II. Indikator membantu sesama anggota kelompok dalam memahami materi pelajaran mengalami peningkatan 14,07% dari siklus I ke siklus II. Indikator mengerjakan tugas yang diberikan guru mengalami peningkatan 28,12% dari siklus I ke siklus II. Indikator mengerjakan kuis secara individu mengalami peningkatan 39,06% dari siklus I ke siklus II. Serta keaktifan belajar siswa menunjukan skor 93,75% pada akhir siklus II
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:13 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:13 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7454 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |