Tosiman, Tosiman (2024) Peran Supervisi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru Di SDN Tampojung Tengah Dan SDN Tampojung Tenggina Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
SAMPUL.pdf Download (197kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (124kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (383kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
ABSTRAK1 tesis.pdf Download (450kB) |
|
Text
BAB I1.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (816kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (190kB) |
Abstract
Kata kunci: Peran Supervis Kepala Sekolah, Kinerja Guru Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SDN Tampojung Tengah dan SDN Tampojung Tenggina, apa saja hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan peran supevisi untuk mengembangkan kinerja guru. Pada dasarnya, kepala sekolah mempunyai peran dan tanggung jawab salah satunya yaitu sebagai supervisor dimana kepala sekolah mematau, membina dan membingbing terhadap kinerja guru Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dari kepala sekolah dan beberapa guru di SDN Tampojung Tengah dan SDN Tampojung Tenggina. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SDN tampojung Tengah memiliki peran yang sangat urgent, hal itu dilihat dari manfaatnya guru-guru termotivasi dan memiliki kepribadian yang visioner dalam memaksimalkan kinerjanya. SDN Tampojung Tenggina, bahwa kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru di SDN tampojung Tenggina juga memiliki peran yang sangat sangat penting, hal itu dilihat dari efeknya guru-guru termotivasi dan memiliki kinerja yang maksimal dalam memaksimalkan kinerjanya. Kedua Ketika melakukan supervisi pada dua lembaga tersebut terdapat hambatan-hambatan yang berupa keterbatasan sarana dan prasarana, juga kerpibadian seorang guru yang sulit menerima masukan supervisor, pengetahuan dan keterampilan kepala sekolah dalam supervisi masih terbatas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:42 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7462 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |