Ziaulhaq, Muhammad (2024) Penerapan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IX di MTs Al-Hasan Sumber Gedugan Giligenting Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1981081076 SAMPUL.pdf Download (23kB) |
|
Text
19381081076 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (47kB) |
|
Text
halaman pengesahan Muhammad Ziaul Haq .pdf Download (153kB) |
|
Text
19381081076-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text
19381081076 DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
|
Text
19381081076 BAB 1.pdf Download (190kB) |
|
Text
19381081076 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
19381081076 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
19381081076 BAB IV.pdf Download (584kB) |
|
Text
19381081076 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
19381081076 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (127kB) |
|
Text
19381081076 KEASLIAN TULISAN.pdf Download (73kB) |
Abstract
Kata kunci: audio visual, keaktifan belajar Masalah yang terjadi di IPS kelas XI di MTs Al-Hasan Sumber Gedugan Giligenting Sumenep, kesemangatan belajar yang diperoleh oleh siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran dikelas masih cenderung berfokus kepada guru yang mengakibatkan siswa menjadi jenuh dalam melakukan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan media audio visual pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Al-Hasan Sumber Gedugan Giligenting Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus (4x pertemuan) dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi.Analisis yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual pada mata pelajaran IPS dengan materi benua asia dan benua eropa bisa meningkatkan keaktifan belajar khususnya siswa kelas IX. Bukti secara kuantitatif dapat diketahui dari hasil penelitian diperoleh nilai belajar siswa pada saat pre test 38%, pada siklus I 67% dan siklus II 87% dengan presentase ketuntasan 100% hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setiap tahapnya terjadi peningkatan. Dari ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Media audio visual bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Al-Hasan Sumber Gedugan Giligenting Sumene
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:03 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7466 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |