Sobaro, Robith (2024) Penanaman Sikap Sosial Melalui Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Sekolah MTs Negeri 2 Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381081052_SAMPUL.pdf Download (21kB) |
|
Text
20381081052_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (513kB) |
|
Text
20381081052_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (226kB) |
|
Text
20381081052_ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text
20381081052_DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
|
Text
20381081052_BAB I.pdf Download (378kB) |
|
Text
20381081052_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
20381081052_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
20381081052_BAB IV .pdf Download (549kB) |
|
Text
20381081052_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
20381081052_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
20381081052_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (166kB) |
Abstract
Kata Kunci: Sikap Sosial, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Penurunan sikap sosial diakibatkan oleh pembatasan aktivitas masyarakat saat terjadinya virus Covid-19 yang melanda suluruh dunia, maka pemerintah Indonesia pada tahun 2020 memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, termasuk pada kegiatan belajar mengajar di satuan Lembaga pendididkan. Maka dari itu dampak dari diberlakukannya peraturan tersebut menimbulkan suatu fenomena penurunan sikap sosial pada pelajar. Hal demikian melihat dari kegiatan belajar mengajar yang hanya lewat digital dan virtual dalam artian peserta didik tidak ada interaksi langsung antar sesama. Fenomena ini kemudian ditanggapi oleh kementrian kemendikbudristek untuk melakukan pembaharuan kurikulum merdeka sebagai bentuk inovasi dari kurikulum K-13, salah satu program unggulannya adalah P5-PPRA atau proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Di MTs Negeri 2 Sumenep telah menerapkan kurikulum merdeka sejak Tahun 2022 dan telah di terapkan pelajaran yang berbasis proyek. Oleh sebab itu, penanaman sikap sosial yang baik penting untuk dilakukan khususnya melalui kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Penelitian yang dilakukan dilembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sumenep menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman sikap sosial melalui program proyek penguatan profil Pancasila di MTS Negeri 2 Sumenep. Pendekatan tersebut dipilih dengan pertimbangan jika peneliti akan meneliti fenomena yang dimanah bahan penelitian tidak berbicara tentang angka, namun menekankan terhadap makna, penalaran , definisi suatu situasi tertentu serta data yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, penanaman sikap sosial melalui program proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin dilakukan beberapa tahap sebagaimana berikut: a. Perencanaan kurikulum merdeka, b. Pelaksanaan kurikulum merdeka dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, c. Penanaman sikap sosial melalui Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Hasil penanaman sikap sosial melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 di MTs Negeri 2 Sumenep, setelah diterapkannya beberapa proyek P5-PPRA yaitu gebyar pendidikan dan tur religi, maupun penanaman nilai sosial dalam kelas yang diberikan oleh guru tentang nilai kepancasilaan untuk membentuk nilai sosial dan karakter siswa menjadi lebih baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7472 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |