Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Palengaan Pamekasan

Jannah, Qoridatul (2024) Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (87kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Pertanyaan keaslian tulisan.pdf

Download (82kB)

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan, Hasil Belajar, Talking Stick, Ilmu Pengetahuan Sosial. Pendidikan memainkan peran kunci dalam membentuk karakter individu dan masyarakat. Namun, banyak sekolah menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran yang dianggap sulit dan tidak diminati. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Palengaan, Pamekasan, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan metode pembelajaran Talking Stick. Metode Talking Stick dipilih karena dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru dan siswa, mengungkapkan bahwa minat belajar siswa tergolong rendah, terutama pada mata pelajaran IPS dan Matematika. Kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran konvensional menyebabkan siswa bosan dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengarkan, serta mempromosikan interaksi positif dalam kelompok. Dengan demikian, penggunaan metode Talking Stick diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Palengaan, Pamekasan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian tindakan kelas. Dimana Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah sebuah pendekatan penelitian yang berfokus pada perbaikan dan pengembangan praktik pembelajaran di dalam kelas. Selain itu, subjek dari penelitian ini sendiri adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palengaan. Pemilihan subjek penelitian ini didasari oleh alasan bahwa masih terdapat kekurangan dari pemahaman serta antusiasme belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palengaan. Sehingga, berpengaruh pada hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:33
Last Modified: 06 Nov 2024 02:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7474

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item