Penerapan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Unruk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII-D di SMPN 8 Pamekasan

Alif, Rafli Nur (2024) Penerapan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Unruk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII-D di SMPN 8 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381081070_SAMPUL.pdf

Download (235kB)
[img] Text
20301081070_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
20301081070_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
20381081070_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
20381081070_DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
20381081070_BABI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
20381081070_BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
20381081070_BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
20301081070_BABIV.pdf

Download (332kB)
[img] Text
20381081070_BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
20381081070_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text
20381081070_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (143kB)

Abstract

Kata kunci: Aplikasi Wordwall, Pembelajaran IPS, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi awal siswa kelas VII-D di SMPN 8 Pamekasan yang mana pada saat pelajaran berlangsung siswa masih kurang fokus pada pelajaran, masih berbicara dengan teman sebangkunya dan siswa gampang bosan dengan materi yang disampaikan. Hal tersebut disebabkan penggunaan metode yang digunakan guru masih berupa ceramah dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Dengan kondisi tersebut siswa kelas VII-D tidak dapat mengembangkan indikator minat belajar pada pembelajaran IPS. Oleh sebab itu penggunaan media pembelajaran sangatlah penting untuk meningkatkan minat belajar siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menerapkan aplikasi wordwall pada pembelajaran IPS. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus ada tiga pertemuan yang mana terdiri dari : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Pada subjek penelitian ini kelas VII-D dengan jumlah 29 siswa di SMPN 8 Pamekasan dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada 3 yaitu: Observasi, Angket dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini pada siklus I pada analisis lembar observasi guru mencapai kategori 2,9 hasil dari lembar observasi siswa mencapai 47% dan pada angket minat belajar siswa mencapai 67% . Pada siklus II pada analisis lembar observasi guru mencapai kategori 3,9 hasil dari lembar observasi siswa mencapai 83% dan pada angket minat belajar siswa mencapai 84%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini dengan menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi Wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII-D di SMPN 8 Pamekasan. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa minat belajar siswa dapat menigkat dengan penerapan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran IPS kelas VII-D di SMPN 8 Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:36
Last Modified: 06 Nov 2024 02:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7475

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item