Peran Guru IPS Dalam Mengatasi Indisipliner Siswa Kelas IX SMPN 1 Pademawu

Yuliyanti, Yuliyanti (2024) Peran Guru IPS Dalam Mengatasi Indisipliner Siswa Kelas IX SMPN 1 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sampul .pdf

Download (27kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (80kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Tulisan.pdf

Download (72kB)

Abstract

Kata kunci : Peran Guru IPS, Indisipliner Penelitian ini di latar belakangi oleh perilaku indisipliner yang terjadi pada kalangan pelajar di lingkungan sekola. Setiap lingkungan sekolah tidak lepas dengan yang namanya perilakju indisipliner seperti yang terjadi pada kelas IX SMPN 1Pademawu, kels IX ini terdiri dari lima kelas yang di kelompokkan menjadi kelas unggulan dan non uggulan, dari lima kelas tersebut yang sering melakuka perilaku indisipliner yakni kelas IX C. Perilaku- peroilaku yang sering di langgar seperti, tidak memakai atribut lengkap sekolah, tidak memasukkan baju seragam, terdapat siswa yang tidak masuk tanpa keterangan, kurang tertib di sekolah, kurang menghormati guru, dan permasalahan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, pentingnya peran guru dalam pendidikan, guru memiliki tugas, peran dan tanggung jawab dalam memberikan ilmu pengetahuan, mengajarkan etika dan berperilaku,suri tauladan dan membimbing siswa. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengidentifikasi indisipliner yang terjadi di SMP Negeri 1 Pademawu. 2) untuk mengidentifikasi peran guru IPS dalam Megatasi Indisipliner siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Sumber data diperoleh dari data primer berupa wawancara, observasi dan dokumentasi serta data sekunder berupa buku, jurnal, dan sumber lain yang berkaitanpada penelitian ini. Informan dalam penelitian ini yakni wali kelas, guru IPS, dan peserta didik. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatdan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah : 1) perilaku indisipliner siswa kelas IX SMPN 1 Pademawu masih wajar dan tidak begitu parah seperti a) kurangnya hormat kepada guru, b) kurang disiplin dan tidak mengindahkan peraturan, c) kurangnya memelihara keindahan lingkungan sekolah. 2) peran guru IPS dalam mengatsi perilaku indisipliner siswa tersebut, a) guru IPS memberikan bimbingan terhadap perilaku indisipliner yang dilakukan olehsiswa yakni melalui bimbingan secara langsung, keteladanan dan memberikan motivasi kepada siswa. Bimbingan secara langsung berupa menasehati, memberikan arahan dan penegasan. Keteladanan guru IPS berupa guru selalu memberikan contoh yang baik sehingga menjadi panutan bagisiswa seperti datang tepat waktu ke sekolah, selalu berpakaian dengan rapi, dan selalu mengikuti keagiatan-kegiatan yang ada di sekolah seperti kegiatan jumat istighasah dan jumat bersih. Memberikan motivasi berupa memberikan semangat dalam kegiatan pembelajaran, selain itu juga mengajarkan bagaimana perilaku yang baik kepada siswa. b) guru ipsa dalam mengatas dengan meberikan sanksi kepada siswa terhadap perilaku indisipliner yang dilakukan oleh siswa yaitu dengan teguran atau peringatan, membaca aholawat dan surah yasin. Guru IPS memberikan sanksi berupa teguran atau peringatan kepada siswa yang melakukan perilaku indisipliner di sekolah dengan maksud agar siswa mengerti kesalahan yang dilakukan dan bertindak sesuai tata tertib sekolah. Guru IPS juga memberikan sanksi berupa membaca sholawat dan surah yasin , hal ini meningkatkan kesadaran spiritual mereka

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:39
Last Modified: 06 Nov 2024 03:39
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7480

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item