Aminullah, Aminullah (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Negeri 5 Menara dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas XII Madrasah Aliyah. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Cover Tesis Fiks.pdf Download (24kB) |
|
Text
Cover dalam Tesis.pdf Download (24kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (114kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing.pdf Download (42kB) |
|
Text
pengesahan dewan penguji.pdf Download (83kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (552kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV KESIMPULAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (526kB) |
|
Text
surat keaslian penulisan.pdf Download (47kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (135kB) |
Abstract
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak, Novel Negeri 5 Menara, Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah, kajian tentang Akhlak yang ada selama ini hanya merujuk dari teks-teks dalam bahan ajar, khususnya pada buku mata pelajaran Akidah Akhlak. Padahal, ada banyak media yang dapat digunakan, salah satunya dengan media Novel. Salah satu novel yang memuat nilainilai pendidikan akhlak adalah novel berjudul Negeri 5 Menara. Penelitian ini mencoba mengalisis kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Negeri 5 Menara dan relevansinya terhadap pembelajaran akidah akhlak di kelas XII Madrasah Aliyah. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi dua hal: pertama, apa saja nilainilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara serta bagaimana relevansinya terhadap pembelajaran akidah akhlak di kelas XII Madrasah Aliyah. Untuk menjawab fokus permasalahan tersebut, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif-analitis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Karena menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) maka sumber data dalam penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara dan sumber data lain yang menunjang penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Negeri 5 Menara yang meliputi tiga bahasan pokok, yaitu: pertama, akhlak kepada Allah, kedua, akhlak kepada sesama dan ketiga, akhlak kepada diri sendiri. Ahlak kepada Allah meliputi; membaca Al-Qur’an, berdoa, beramal shalih yaitu, toleransi (tasamuh), kesetaraan (musawa) dan persaudaraan (ukuhuwah). Akhlak kepada sesama meliputi; akhlak kepada orang yang lebih tua, akhlak kepada teman sebaya dan akhlak kepada lawan jenis. Akhlak kepada diri sendiri meliputi; fastabiqul khairat, optimis, dinamis, inovatif dan kreatif. Sementara relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Negeri 5 Menara dengan pembelajaran akidah akhlak dengan di kelas XII Madrasah Aliyah juga mencakup tiga hal, yaitu: akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama dan akhlak kepada diri sendiri. Akhlak kepada allah meliputi; Adab membaca AlQur’an, adab berdoa, amal shalih, yaitu toleransi (tasamuh), persamaan (musawa), persaudaraaan (ukhuwah). Sedangkan akhlak kepada sesama meliputi; akhlak kepada yang lebih tua, akhlak kepada teman sebaya, akhlak bergaul dengan dengan lawan jenis. Sementara akhlak kepada diri sendiri meliputi; fastabiqul khairat, optimis, dinamis, inovatif dan kreatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7501 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |