Fadholi, Ali Nizar (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Toleransi Beragama di SMAN 3 Pamekasan dan SMAN 4 Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_COVER_ES.pdf Download (38kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_PERSETUJUAN PEMBIMBING_ES.pdf Download (83kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_HALAMAN PENGESAHAN_ES.pdf Download (314kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_DAFTAR ISI_ES.pdf Download (133kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_ABSTRAK_ES.pdf Download (215kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_BAB I_ES.pdf Download (305kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_BAB II_ES.pdf Download (199kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_BAB III_ES.pdf Download (114kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_BAB IV_ES.pdf Download (329kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_BAB V_ES.pdf Download (108kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_BAB VI_ES.pdf Download (94kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_DAFTAR PUSTAKA_ES.pdf Download (145kB) |
|
Text
SHOHIBUL ANSHORI_21380031018_KEASLIAN TULISAN_ES.pdf Download (261kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Toleransi Beragama. Toleransi antar siswa bisa terjadi apabila guru mampu menanamkan nilainilai toleransi beragama kepada siswa, dari sinilah kemudian peran guru PAI sangat dibutuhkan agar segala hal mengenai perbedaan dapat disikapi dengan dewasa oleh seluruh siswa sejak dini yang sedininya ini dapat ditanamkan melalui lembaga sekolah. SMAN 3 dan SMAN 4 Pamekasan merupakan sekolah unggulan, sehingga pastinya sangat diminati oleh masyarakat terbukti dari banyaknya siswa yang belajar di lembaga tersebut. Tentunya, siswa SMAN 3 dan SMAN 4 Pamekasan memiliki latar belakang keagamaan yang berbeda-beda (madzhab). Sehingga, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan toleransi beragama di SMAN 3 Pamekasan dan SMAN 4 Pamekasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama di SMAN 3 Pamekasan dan SMAN 4 Pamekasan. Kedua, bagaimana toleransi beragama antar siswa di SMAN 3 Pamekasan dan SMAN 4 Pamekasan. Ketiga, bagaimana faktor pendukung dan penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi beragama di SMAN 3 Pamekasan dan SMAN 4 Pamekasan. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dipilih SMAN 3 dan SMAN 4 Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga alur, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SMAN 3 menunjukkan bahwa, pertama, guru PAI berperan sebagai edukator, motivator, dan fasilitator dalam menumbuhkan toleransi beragama. Kedua, toleransi beragama antar siswa di SMAN 3 Pamekasan dapat dikategorikan berhasil, hal itu dapat diamati dari sikap siswa yang menunjukkan toleransi antar sesama. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dari peran guru PAI di SMAN 3 Pamekasan, yaitu pengetahuan mumpuni yang dimiliki guru PAI, adanya program kegiatan pengajian juga berdampak besar dalam upaya menumbuhkan toleransi beragama. Sementara, faktor penghambat dari peran guru PAI di SMAN 3 Pamekasan, yaitu jadwal pengajian yang tidak testruktur, kurangnya konsentrasi siswa, waktu yang terbatas. Hasil penelitian di SMAN 4 menunjukkan, pertama, peran guru PAI dalam menumbuhkan toleransi beragama adalah sebagai edukator, motivator, dan fasilitator. Kedua, toleransi beragama antar siswa di SMAN 4 Pamekasan, dapat dikategorikan berhasil hal itu ditinjau dari perilaku dan sikap siswa dalam kegiatan sehari-hari. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dari peran guru PAI di SMAN 4 Pamekasan, yaitu guru PAI memiliki pengetahuan yang mumpuni, adanya kegiatan REMUS, adanya partisipasi siswa dalam kegiatan tersebut. Faktor penghambat dari peran guru PAI di SMAN 4 Pamekasan, yaitu tidak semua siswa berminat untuk mengikuti kegiatan remus, jadwal kegiatan remus yang tidak terstruktur, serta waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:28 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7513 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |