Minallah, Nasrum (2024) Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together dalam dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ips kelas VIII SMP Negeri 2 Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381081074_SAMPUL.pdf Download (92kB) |
|
Text
20381081074_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
20381081074_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
20381081074_ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text
20381081074_DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) |
|
Text
2038108074_BAB I.pdf Download (239kB) |
|
Text
2038108074_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
20381081074_BAB III.pdf Download (306kB) |
|
Text
20381081074_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text
20381081074_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
20381081074_Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) |
|
Text
20381081074_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (167kB) |
Abstract
Kata Kunci : Model Pembelajaran Number Head Together, Keaktifan Dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Larangan masih menggunkan metode ceramah, sehingga tingkat keaktifan siswa masih rendah. Maka dengan demikian perlu adanya suatu inovasi baru dalam menciptakan atau menerapkan suatu model pembelajaran yang mampu melibatkan peran semua siswa dalam kegiatan pembelajaran agar dalam kegiatan pembelaajran tidak hannya didominasi oleh siswa tertentu saja. Selain itu dengan menerapkannya model pembelajaran tersebut diharapkan siswa menerima informasi tidak hannya melalui guru saja melaikan siswa juga mendapatkan sumber informasi lebih luas dari sumber lainnya, terutama untuk Pelajaran IPS. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan itu semua yaitu Numberred Head Together. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numberred Head Together pada mata pelajaran IPS Kelas VIII D SMP Negeri 2 Larangan. (2) Untuk membuktikan penerapan model pembelajaran Numberred Head Together dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata Pelajaran IPS Kelas VIII D SMP Negeri 2 Larangan . Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Larangan yang berjumlah 30 siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Larangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Numberred Head Together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada siklus 1 mencapai persentase 50% (cukup Aktif) kemudian siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 80% (Aktif). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Numberred Head Together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 2 Larangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7519 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |