Ulum, Moh. Faqihul (2024) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Ilmu Tajwid di Rumah Tahfidz Famy Bi Syauqin Kelurahan Karangdalam Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381011104_SAMPUL.pdf Download (57kB) |
|
Text
20381011104_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (11kB) |
|
Text
20381011104_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (150kB) |
|
Text
20381011104_ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text
20381011104_DAFTAR ISI.pdf Download (714kB) |
|
Text
20381011104_BAB I.pdf Download (623kB) |
|
Text
20381011104_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
|
Text
20381011104_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
20381011104_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
20381011104_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
20381011104_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (428kB) |
|
Text
20381011104_PERNYATAAN KEASLIAS TULISAN.pdf Download (137kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Talaqqi, Kemampuan Pemahaman, Ilmu Tajwid, Rumah Tahfidz Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan santri terhadap ilmu tajwid dalam bacaan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Famy Bi Syauqin, Kelurahan Karangdalem, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Dalam konteks pembelajaran Al-Qur'an, metode talaqqi memungkinkan murid untuk belajar secara individual dengan menghadap guru, yang pada gilirannya memfasilitasi konsentrasi yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami materi ajar secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode talaqqi, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode talaqqi, untuk mengidentifikasikan implikasi metode talaqqi dalam meningkatkan pemahaman ilmu tajwid. Pada metode penelitian ini peneliti melakukan pemeriksaan keabsahan data melalui uji kredibilitas (credibility). Uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi dalam pengujian kredibilitas ini diartikan sebagai pengecekan data. Pada penelitian ini pengecekan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya realitas dari implementasi metode talaqqi dalan meningkatkan pemahaman ilmu tajwid. pada proses awal implementasi metode talaqqi yang harus dilakukan adalah membentuk kelompok belajar. Kelompok tersebut berdasarkan dua kategori yaitu kategori pertama merupakan kategori anak yang lancar bacaan dengan tajwidnya dan mampu memahami ilmu tajwidnya. Dan kategori kedua merupakan kategori anak yang kurang lancar bacaan Al-Qur’annya berdasarkan tajwidnya dan kurang mampu memahami ilmu tajwidnya.. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan pemahaman ilmu tawid salah satunya adalah guru yang berkompeten yang mampu menjadi fasilitator bagi mereka ketika hendak membaca Al-Qur’an. dan salah satu faktor penghambatnya adalah siswa yang kurang fokus dan antusias bacaan Al-Qur’an dari guru. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang kami dapatkan mengenai implikasi metode talaqqi adalah memberikan dampak yang signifikan dan positif. Metode talaqqi ini, yang berfungsi untuk meningkatkan pemahaman terhadap ilmu tajwid, telah menunjukkan perkembangan yang substansial. Sebagai contoh, terdapat peserta didik yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan membaca Al�Qur'an sama sekali. Namun, dengan diterapkannya metode talaqqi, mereka kini telah mampu membaca Al-Qur'an dengan mematuhi hukum tajwid serta dapat memahaminya, bahkan mampu menghafalnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7524 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |