Fajriyah, Inayatul (2024) Penerapan Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di SDN Pagagan 2 Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Sampul_PGMI.pdf Download (46kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf Download (245kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (67kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Abstrak_PGMI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (256kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Bab1_PGMI.pdf Download (466kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Bab 2_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Bab 3_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Bab 4_PGMI.pdf Download (575kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Bab 5_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (486kB) |
|
Text
Inayatul Fajriyah_20170701052026_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (482kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan Media Komik, Keterampilan Membaca Penggunaan media komik dalam proses pembelajaran tentu akan lebih menarik minat peserta didik. Komik sebagai suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada pembaca. Maka dari itu penerapan media komik dalam pembelajaran menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan media komik dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di SDN Pagagan 2 Pademawu Pamekasan, kedua, Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam penerapan media komik dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di SDN Pagagan 2 Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media komik dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa pertama, tahap persiapan yaitu mempersiapkan bahan ajar seperti media yang akan digunakan. kedua, tahap pelaksanaaan yaitu guru menerangkan materi dan melatih siswa untuk membaca komik yang telah dibagikan kepada setiap siswa. ketiga, tahap evaluasi yaitu guru menilai satu persatu siswa dengan memberikan penugasan melahui bahan bacaan untuk dibaca secara tepat. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media komik dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa yaitu, faktor pendukung: adanya dukungan dari kepala sekolah diperlukan untuk mendukung dan memfasilitasi guru melalui berbagai pelatihan dan memberikan sarana pendukung dalam mengimplementasikan media pembelajaran komik sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran, tersedianya fasilitas belajar yaitu fasilitasnya berupa bacaan bergambar seperti buku komik, media bergambar, papan tulis dan proyektor, kreativitas keaktifan guru dalam menerangkan media. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan media komik adalah adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran, tingkat kemampuan siswa yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 06:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 06:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7541 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |