Humaidi, M. Mashdar (2024) Peran Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Komite Madrasah di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL ADANG.pdf Download (186kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN ADANG.pdf Download (49kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN ADANG.pdf Download (84kB) |
|
Text
ABSTRAK ADANG.pdf Download (148kB) |
|
Text
DAFTAR ISI ADANG.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB I ADANG.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB II ADANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
BAB III ADANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
BAB IV ADANG.pdf Download (926kB) |
|
Text
BAB V ADANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
Daftar Rujukan ADANG.pdf Download (367kB) |
|
Text
KEASLIAN TULISAN ADANG.pdf Download (91kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Memberdayakan Komite Madrasah Salah satu kunci keberhasilan dalam peningkatan mutu dalam sekolah adalah peran kepemimpinan dari kepala sekolah, hal itu dikarenakan yang dihadapinya bukan satu orang atau satu kelompok melainkan semua persoalan dalam sekolah juga perlu dimaksimalkan dalam peningkatan mutunya sehingga kepemimpinan kepala sekolah yang berbeda akan menjadi ciri khas tertentu. Proses pemberdayaan pastinya membutuhkan dukungan dari segala pihak terutama pihak-pihak yang masih berkesinambungan dengan sesuatu yang akan diberdayakan. Peranan komite sekolah atau madrasah sangat penting keberadaannya bahkan komite sekolah atau madrasah disini harus bisa dimaksimalkan untuk menunjang peningkatan mutu dan kualitas pendidikan dari setiap guru maupun siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada dua yaitu: pertama, Peran kepala madrasah dalam memberdayakan komite madrasah di MAN 1 Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi kepala madrasah dalam memberdayakan komite madrasah di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua komite, dan ketua TU MAN 1 Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama tentang peran kepala madrasah dalam memberdayakan komite madrasah di MAN 1 Pamekasan yaitu hasil observasi dan wawancara penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala madrasah MAN 1 Pamekasan selalu melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan melibatkan bawahannya dan selalu menerima saran atau kritikan dari bawahannya tersebut, kepala sekolah juga memberikan kebebasan yang cukup kepada komite sekolah sesuai dengan tupoksi komite sekolah. Kepala sekolah selalu berpartisipasi dalam pemberdayaan komite setiap dalam kegiatan kepala sekolah selalu mengawasi dan selalu melakukan evaluasi kepada komite sekolah. Kedua tentang Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Strategi kepala madrasah dalam memberdayakan Komite Madrasah di MAN 1 Pamekasan yaitu dana anggaran komite dan waktu ada yang tidak sesuai dengan kehadirannya ketika dilakukan rapat atau musyawarah serta masih sedikit kurangnya perhatian pengurus komite terhadap kemajuan pendidikan yang perlu ditingkatkan kembali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 06:36 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 06:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7543 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |