Peran Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Komite Madrasah di MAN 1 Pamekasan

Humaidi, M. Mashdar (2024) Peran Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Komite Madrasah di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL ADANG.pdf

Download (186kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN ADANG.pdf

Download (49kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ADANG.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK ADANG.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ADANG.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I ADANG.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II ADANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III ADANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV ADANG.pdf

Download (926kB)
[img] Text
BAB V ADANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Daftar Rujukan ADANG.pdf

Download (367kB)
[img] Text
KEASLIAN TULISAN ADANG.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Memberdayakan Komite Madrasah Salah satu kunci keberhasilan dalam peningkatan mutu dalam sekolah adalah peran kepemimpinan dari kepala sekolah, hal itu dikarenakan yang dihadapinya bukan satu orang atau satu kelompok melainkan semua persoalan dalam sekolah juga perlu dimaksimalkan dalam peningkatan mutunya sehingga kepemimpinan kepala sekolah yang berbeda akan menjadi ciri khas tertentu. Proses pemberdayaan pastinya membutuhkan dukungan dari segala pihak terutama pihak-pihak yang masih berkesinambungan dengan sesuatu yang akan diberdayakan. Peranan komite sekolah atau madrasah sangat penting keberadaannya bahkan komite sekolah atau madrasah disini harus bisa dimaksimalkan untuk menunjang peningkatan mutu dan kualitas pendidikan dari setiap guru maupun siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada dua yaitu: pertama, Peran kepala madrasah dalam memberdayakan komite madrasah di MAN 1 Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi kepala madrasah dalam memberdayakan komite madrasah di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua komite, dan ketua TU MAN 1 Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama tentang peran kepala madrasah dalam memberdayakan komite madrasah di MAN 1 Pamekasan yaitu hasil observasi dan wawancara penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala madrasah MAN 1 Pamekasan selalu melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan melibatkan bawahannya dan selalu menerima saran atau kritikan dari bawahannya tersebut, kepala sekolah juga memberikan kebebasan yang cukup kepada komite sekolah sesuai dengan tupoksi komite sekolah. Kepala sekolah selalu berpartisipasi dalam pemberdayaan komite setiap dalam kegiatan kepala sekolah selalu mengawasi dan selalu melakukan evaluasi kepada komite sekolah. Kedua tentang Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Strategi kepala madrasah dalam memberdayakan Komite Madrasah di MAN 1 Pamekasan yaitu dana anggaran komite dan waktu ada yang tidak sesuai dengan kehadirannya ketika dilakukan rapat atau musyawarah serta masih sedikit kurangnya perhatian pengurus komite terhadap kemajuan pendidikan yang perlu ditingkatkan kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 15 Nov 2024 06:36
Last Modified: 15 Nov 2024 06:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7543

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item