Implementasi Nilai-Nilai Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok B Di PAUD Srikandi Jalmak Pamekasan

Rokayyah, Rokayyah (2024) Implementasi Nilai-Nilai Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok B Di PAUD Srikandi Jalmak Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_SAMPUL_PIAUD[1].pdf

Download (194kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Roqoyyah_19381062063_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_Daftar_Isi__PIAUD[1].pdf

Download (186kB)
[img] Text
Roqoyyah 19381062063_BAB 1 PIAUD.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (782kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Ruqoyyah_19381062063_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (155kB)

Abstract

Kata Kunci: Kesetaraan Gender, Anak Usia Dini Gender adalah persepsi masyarakat atau yang mengacu pada peran, perilaku, ekspresi dan identitas seseorang baik laki-laki maupun perempuan. Maka berdasarkan hal diatas, ada dua fokus penelitian yang peneliti kaji. Pertama, bagaimana proses implemenntasi nilai-nilai kesetaraan gender dalam pendidikan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Srikandi jalmak pamekasan: Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat nilai-nilai kesetaraan gender dalam pendidikan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Sriandi Jalmak Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kesetaraan gender dalam pendidikan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Srikandi Jalmak Pamekasan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di PAUD Srikandi Jalmak Pamekasan, jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Adapun pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan fenomenologis. Objek dalam penelitian ini adalah proses implementasi nilai-nilai kedsetaran gender dalam pendidikan anak usia 5-6 tahun di PAUD Srikandi Jalmak Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi nilai-nilai kesetaraan gender dalam pendidikan anak usia 5-6 tahun di PAUD Srikandi Jalmak Pamekasan sudah diterapkan pada kegiatan-kegiatan di sekolah. Kegiatan tersebut masih sederhana karena hanya sebatas kegiatan tambahan yang dilakukan di sekolah. Kedua, Faktor-faktor pendukung Implementasi Nilai-nilai Kesetaraan Gender dalam Pendidikan pada anak usia 5-6 tahun terdidri dari materi pelajaran khusus nilai-nilai kesetaraan gender, motivasi guru, sarana dan prasarana dan lingkungan yang seimbang antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan faktor penghambat Implementasi Nilai-nilai Kesetaraan Gender dalam Pendidikan pada anak usia 5- 6 tahun terdiri dari kurangnya tenaga pendidik dan kurangnya stimulasi dari lingkungan keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:04
Last Modified: 15 Nov 2024 07:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7553

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item