Rahmatullah, Syafril (2024) Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A di SMP Negeri 7 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_Cover_TIPS.pdf Download (206kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_Lembar_Persetujuan_Pemimbing_TIPS.pdf Download (567kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf Download (541kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_Abstrak_TIPS.pdf Download (186kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (198kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_BAB I_TIPS.pdf Download (511kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_BAB IV_TIPS.pdf Download (665kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (418kB) |
|
Text
Syafril Rahmatullah_ 20381081055_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS .pdf Download (71kB) |
Abstract
Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, IPS, Hasil Belajar, SMP Negeri 7 Pamekasan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya permasalahan yang ditemukan pada kelas VIII-A di SMP Negeri 7 Pamekasan yakni rendahnya hasil belajar siswa di kelas, hal ini disebabkan karena terbatasnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar, pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode ceramah, alat belajarnya pun berpedoman pada buku teks, dan pembelajarannya kurang menarik dan membosankan. Akibatnya kesempatan untuk aktif sudah terabaikan dan sulit mencermati dan memahami materi. Sehinngga hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 7 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII-A dengan jumlah yakni 20 siswa di SMP Negeri 7 Pamekasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 7 Pamekasan. Hal ini dapat dilihat dari data analisis hasil tes kognitif yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil evaluasi ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 10 dari 20 siswa dinyatakan tuntas dengan presentase 50% dengan rata-rata 64 secara klasikal. Selanjutnya pada siklus II dari 20 siswa yang berhasil mendapatkan nilai diatas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yakni 16 siswa dan 4 siswa lainnya tergolong tidak tuntas dengan presentase sebesar 80% dan nilai rata-rata 81. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Pamekasan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 07:06 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 07:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7554 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |