Najah, Fitriatun (2024) Penerapan Karakter Toleransi Melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas 8 SMPN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381082063_SAMPUL.pdf Download (228kB) |
|
Text
20381082063_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text
20381082063_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
20381082063_ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text
20381082063_DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
20381082063_BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
20381082063_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
20381082063_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
|
Text
20381082063_BAB IV.pdf Download (354kB) |
|
Text
20381082063_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
Text
20381082063_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (299kB) |
|
Text
20381082063_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kata Kunci: Karakter Toleransi, Mata Pelajaran IPS, Siswa Penanaman karakter toleransi sangat penting pada peserta didik pada ranah pendidikan. Diharapkan pada proses pendidikan tidak hanya tentang pemberian materi pembelajaran, akan tetapi juga pelajaran dan penanaman tentang toleransi. Jika tidak adanya penanaman toleransi, maka pendidikan dipandang kurang efektif dalam mendidik peserta didik. Fokus utama penelitian ini, yaitu: bagaimana penerapan karakter toleransi melalui mata pelajaran IPS pada materi kelangkaan dan kebutuhan manusia Semester Genap Kelas VIII SMPN 2 Pamekasan?. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan karakter toleransi melalui mata pelajaran IPS pada materi kelangkaan dan kebutuhan manusia Semester Genap Kelas VIII SMP Negeri 2 Pamekasan ialah dilakukan melalui tahap perencanaan dengan mengintegrasikan perangkat pembelajaran modul kegiatan mata pelajaran IPS kelas VIII. Diaktualisasikan melalui tahap pelaksanaan dengan menjalankan apa yang telah tertulis dalam modul kegiatan mata pelajaran IPS kelas VIII guna melakukan pembiasaan karakter toleransi, seperti: menghargai perbedaan dan bersikap adil. Diakhiri dengan tahap evaluasi dengan melakukan penilaian terhadap karakter toleransi peserta didik melalui penilaian afektif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:50 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7582 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |