Audila, Sinta Septia (2024) Praktik Marketing Mix Olahan Tahu Dalam Meningkatkan Pelanggan (Studi Tahu Gejrot Di Jalan Panglegur Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sinta Septia A_20383032111_Cover_ES.pdf Download (175kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_Persetujuan Pembimbing_ES.pdf Download (259kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_Halaman Pengesahan_ES.pdf Download (312kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_Abstrak_ES .pdf Download (252kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_Daftar Isi_ES.pdf Download (19kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_BAB I_ES.pdf Download (429kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_BAB IV_ES.pdf Download (400kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_Daftar Pustaka_ES.pdf Download (161kB) |
|
Text
Sinta Septia A_20383032111_Lembar Keaslian Tulisan_ES.pdf Download (175kB) |
Abstract
Kata Kunci: Praktik, Marketing Mix, Olahan, dan Tahu Gejrot Strategi pemasaran harus mampu memberikan gambaran yang jelas dan terfokus mengenai peran yang harus dilakukan wirausaha dengan mempromosikan setiap peluang atau peluang pada beberapa pasar sasaran. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang tepat dengan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan penjualan, sehingga keadaan atau kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan. Hal ini bisa dilakukan jika pemilik usaha ingin mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa. Dengan demikian, penerapan pemasaran modern saat ini memegang peranan penting sebagai penunjang langsung peningkatan keuntungan. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan para pemasar yaitu strategi bauran pemasaran yang mencakup pada 4P yang berupa product, price, place, dan promotion. Salah satu usaha yang melaksanakan marketing mix adalah usaha penjualan olaha tahu gejrot di jalan panglegur, tahu gejrot ini merupakan salah satuolaha tahu yang berada di jalan panglegur lebih tepatnya di utara kampus unira. Tahu gejrot ini terdiri dari tahu yang sudah di goring kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya tediri dari cabai, bawang putih, bawang merah, gula. Tahu gejrot ini merupakan makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Olahan tahu ini juga memiliki berbagai varian levelnya mulai dari level sedang, level pedas, level pedas gila, level pedas mampus dan level pedas special. Harganya pun terjangkau mulai dari harga Rp. 10.000 – Rp. 12.000 tergantung level yang dipilih. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana praktik marketing mix olahan tahu dalam meningkatkan pelanggan, kedua faktor apa saja yang mendukung dan menghambat praktik marketing mix olahan tahu dalam meningkatkan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah pemilik usaha tahu gejrot, karyawan tahu gejrot dan konsumen tahu gejrot. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, praktik marketing mix olahan tahu ini sudah menerapkan praktik marketing mix yang menggunakan elemen 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion yang mampu meningkatkan pelanggan. Kedua, faktor yang mendukung adalah modal, tenaga kerja, dan teknologi, serta faktor penghambatnya yaitu harga bahan baku
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:37 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 07:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7613 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |