Rizky, Adiva Apriliani (2024) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif TGT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
21381082048-SAMPUL.pdf Download (104kB) |
|
Text
21381082048-HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
21381082048-HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
21381082048- ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
21381082048-DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
|
Text
21381082048-BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
21381082048-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
21381082048-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
21381082048-BAB IV.pdf Download (529kB) |
|
Text
21381082048-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
21381082048-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (453kB) |
|
Text
21381082048-SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf Download (73kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengaruh, Kooperatif, TGT. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan untuk dibahas, Pertama, Untuk mengetahui pengaruh penerapan TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMPN 4 Pamekasan tahun ajaran 2024/2025. Kedua, Untuk mengetahui nilai rata-rata pretest dan posttest kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMPN 4 Pamekasan tahun ajaran 2024/2025. Ketiga, Untuk mengetahui nilai rata-rata pretest dan posttest kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMPN 4 Pamekasan tahun ajaran 2024/2025. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan berupa quasi eksperimen dengan bentuk desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design, yaitu desain yang memberikan pretest sebelum dikenakan perlakuan serta posttest setelah dikenakan perlakuan pada masing-masing kelompok. Hasil Penelitian diperoleh nilai sig. sebesar 0,014 dengan thitung 6,619, dapat diketahui bahwa nilai sig 0,014 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Siswa. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu dalam melakukan analisis data hasil belajar juga digunakan analisis N-Gain, pengaruh dari model pembelajaran TGT (kelas eksperimen) mengalami peningkatan sebesar 90% sedangkan pengaruh dari model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) mengalami peningkatan sebesar 26%. Pembelajaran menggunakan model TGT pada kelas VIII C (kelas eksperimen) di SMPN 4 Pamekasan mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 32,19 dan nilai rata-rata posttest sebesar 92,76. Sedangkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII B (kelas kontrol) di SMPN 4 Pamekasan mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 43,64 dan nilai rata-rata posttest sebesar 60,00. Perbandingan selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 60,571 > 16.364 dibandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7633 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |