Laily, Nurul (2024) Urgensi Pelaksanaan Bimbingan Karier Terhadap Motivasi MA Al-Djufri Dalam Pemilihan Studi Lanjut. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
21381092030_SAMPUL.pdf Download (191kB) |
|
Text
21381092030_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (290kB) |
|
Text
21381092030_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (57kB) |
|
Text
21381092030_ABSTRAK.pdf Download (39kB) |
|
Text
21381092030_DAFTAR ISI.pdf Download (411kB) |
|
Text
21381092030_BAB I.pdf Download (338kB) |
|
Text
21381092030_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
21381092030_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
21381092030_BAB IV.pdf Download (923kB) |
|
Text
21381092030_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
Text
21381092030_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (302kB) |
|
Text
21381092030_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (275kB) |
Abstract
Kata Kunci : Urgensi, Bimbingan Karier, Motivasi, Studi Lanjut Bimbingan karier adalah layanan yang membantu peserta didik mengambil keputusan sesuai minat, bakat, dan kemampuan. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana gambaran motivasi siswa MA Al-Djufri dalam pemilihan studi lanjut?, 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi motivasi siswa MA Al�Djufri dalam pemilihan studi lanjut?, 3) Bagaimana urgensi pelaksanaan bimbingan karier dalam memotivasi siswa MA Al-Djufri untuk pemilihan studi lanjut?. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui gambaran motivasi siswa MA Al-Djufri dalam pemilihan studi lanjut, 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi motivasi siswa MA Al-Djufri dalam pemilihan studi lanjut, 3) Untuk mengetahui bagaimana urgensi pelaksanaan bimbingan karier dalam memotivasi siswa MA Al-Djufri untuk pemilihan studi lanjut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Informan dalam penelitian ini yakni, 1 guru BK dan 9 siswa. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi metode dan sumber. Dengan harapan peneliti dapat mendapatkan informasi yang valid tentang suatu keadaan yang ada disana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Motivasi siswa MA Al-Djufri dalam pemilihan studi lanjut tergolong rendah, dengan ditandai mayoritas siswa memilih bekerja atau menikah. Kedua Faktor utama yang mempengaruhi motivasi siswa MA Al-Djufri dalam pemilihan studi lanjut adalah faktor ekonomi, sedangkan untuk siswa yang ingin melanjutkan studi lanjut, kemampuan akademik, bakat, lingkungan keluarga, figur alumni yang sukses, guru bk, cita-cita yang dimiliki, dan teman menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi mereka, namun secara keseluruhan faktor ekonomi menjadi faktor utama yang mempengaruhi motivasi siswa. Ketiga,pelaksanaan bimbingan karier yang dilakukan terutama terkait pemilihan studi lanjut bagi siswa dengan motivasi rendah belum memberikan pengaruh yang signifikan, terutama bagi mereka yang menghadapi kendala ekonomi. Namun, bagi siswa yang memiliki motivasi untuk melanjutkan studi, bimbingan karier ini sangat bermanfaat. Bimbingan karier yang dilaksanakan dikemas dalam berbagai bentuk dan dibutuhkan oleh sebagian siswa yang memiliki motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7634 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |