Ainun, Ainun (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran IPS di SMPN 1 Tlanakan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
21381082025_SAMPUL.pdf Download (264kB) |
|
Text
21381082025_Halaman Persetujuan.pdf Download (87kB) |
|
Text
21381082025_Halaman Pengesahan.pdf Download (97kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
21381082025_Daftar Isi.pdf Download (218kB) |
|
Text
21381082025_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
21381082025_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
21381082025_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
21381082025_BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
21381082025_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
21381082025_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (988kB) |
|
Text
21381082025_Keaslian.pdf Download (105kB) |
Abstract
Kata Kunci: Problem Solving, Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Ilmu Pengetahuan Sosial Abad ke-21 mulai menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar. Kemampuan belajar yang sangat penting untuk diterapkan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis membantu siswa dalam menarik kesimpulan, menggunakan penalaran induktif dan deduktif, mengevaluasi keputusan, serta memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untukmengidentifikasi pengaruh metode pembelajaran Problem Solvingterhadap kemampuan berfikir kritissiswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS di SMPN 1 Tlanakan. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Tlanakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen Subjek penelitian ini pada kelas VIII, yaitu (VIII C) dan (VIII E), dengan total 58 siswa. Variabel penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengamatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket dan lembar observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Tlanakan sebelum penerapan metode pembelajaran Problem Solving berada dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis nilai pretest dan post-test, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen setelah perlakuan lebih tinggi, yaitu 70,34, dibandingkan dengan kelas eksperimen sebelum perlakuan yang mendapat skor 88. Berdasarkan, ditemukan nilai signifikansi sebesar 0,248, lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis metode pembelajaran Problem Solving tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 1 Tlanakan. yang menyatakan bahwa penerapan metode ini berpengaruh signifikan diterima, sementara hipotesis (Ha) ditolak. Ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran Problem Solving siswa tidak cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 1 Tlanakan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:56 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7653 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |