Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran IPS di SMPN 1 Tlanakan

Ainun, Ainun (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran IPS di SMPN 1 Tlanakan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381082025_SAMPUL.pdf

Download (264kB)
[img] Text
21381082025_Halaman Persetujuan.pdf

Download (87kB)
[img] Text
21381082025_Halaman Pengesahan.pdf

Download (97kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
21381082025_Daftar Isi.pdf

Download (218kB)
[img] Text
21381082025_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21381082025_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21381082025_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21381082025_BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
21381082025_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
21381082025_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (988kB)
[img] Text
21381082025_Keaslian.pdf

Download (105kB)

Abstract

Kata Kunci: Problem Solving, Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Ilmu Pengetahuan Sosial Abad ke-21 mulai menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar. Kemampuan belajar yang sangat penting untuk diterapkan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis membantu siswa dalam menarik kesimpulan, menggunakan penalaran induktif dan deduktif, mengevaluasi keputusan, serta memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untukmengidentifikasi pengaruh metode pembelajaran Problem Solvingterhadap kemampuan berfikir kritissiswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS di SMPN 1 Tlanakan. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Tlanakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen Subjek penelitian ini pada kelas VIII, yaitu (VIII C) dan (VIII E), dengan total 58 siswa. Variabel penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengamatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket dan lembar observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Tlanakan sebelum penerapan metode pembelajaran Problem Solving berada dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis nilai pretest dan post-test, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen setelah perlakuan lebih tinggi, yaitu 70,34, dibandingkan dengan kelas eksperimen sebelum perlakuan yang mendapat skor 88. Berdasarkan, ditemukan nilai signifikansi sebesar 0,248, lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis metode pembelajaran Problem Solving tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 1 Tlanakan. yang menyatakan bahwa penerapan metode ini berpengaruh signifikan diterima, sementara hipotesis (Ha) ditolak. Ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran Problem Solving siswa tidak cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 1 Tlanakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:56
Last Modified: 03 Dec 2024 02:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7653

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item